Rabu, 17 April 2013

Beranda » Dicari: Startups untuk Jadi Pemain Global

Dicari: Startups untuk Jadi Pemain Global

TEMPO.CO, Jakarta - Ajang Indonesia Digital Byte 2013 bakal kembali digelar untuk mencari perusahaan startup yang bisa diorbitkan menjadi pemain kelas dunia.

Proses seleksi ini bakal digelar di lima kota, seperti Malang, Bandung, Yogyakarta, dan Jakarta. Sedangkan untuk Surabaya, tim telah melakukan seleksi terhadap sekitar 10 perusahaan.

Shinta Dhanuwardoyo, Founder dan Chairman Bubu, yang menjadi penyelenggara, mengatakan, proses ini akan menjaring satu pemenang yang bakal mendapatkan hadiah sekitar Rp 25 juta dari sponsor Indonesia Setara.

Selain itu, pemenang bakal ikut acara Geeks on the Plane, yang bakal mengunjungi kawasan Timur Tengah atau Amerika Latin.

"Pemenang juga akan mendapatkan mentoring untuk pengelolaan usaha serta membangun jaringan bisnis," kata Shinta pada sesi temu pers di Hotel Grand Sahid Jaya kemarin.

Acara ini bakal diramaikan oleh kedatangan investor Dave McClure, seorang investor yang mendirikan lembaga inkubator 500 Startups di San Francisco, Amerika Serikat. "Jika ada perusahaan yang bagus, Dave bakal menginvestasikan dana hingga sekitar US$ 50 ribu (sekitar 480 juta)," kata Shinta.

Menurut Suryo B. Sulisto, Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia, pengusaha besar bakal bersedia untuk menjadi investor asalkan disediakan perusahaan startup terseleksi yang siap tumbuh besar. "Karena ini juga menguntungkan bagi si investor itu."

Khailee N.G., seorang investor Malaysia yang bergabung di inkubator itu, mengatakan, dia telah menemukan beberapa startups lokal yang menarik. "Saya sudah tawarkan kepada beberapa investor di Silicon Valley," kata dia bersemangat.

Salah satu startup yang menarik adalah perusahaan e-commerce dari Surabaya yang menyediakan layanan penjualan barang yang terkoneksi dengan situs e-commerce dunia, seperti eBay dan Amazon.

"Mereka menggunakan application programming interface eBay dan Amazon agar terhubung secara langsung," kata dia. Khailee berharap bakal ada lebih banyak perusahaan startups dari Indonesia yang terkoneksi dengan industri digital global. "Mereka bisa tinggal di Silicon Valley selama 2-3 bulan belajar best practices dari pemain-pemain besar di sana."

BUDI RIZA

Topik Terhangat:
Lion Air Jatuh | Serangan Penjara Sleman| Harta Djoko Susilo | Nasib Anas

Baca juga:
EDISI KHUSUS Tipu-Tipu Jagad Maya
Bom Boston, Ini Kesaksian Jurnalis Boston.com
Bom Boston Sebenarnya Ada 7, Meledak 2
Wawancara dengan Ustad Berpengaruh di New York


http://www.tempointeraktif.com/hg/it/2013/04/17/brk,20130417-474040,id.html