Senin, 22 April 2013

Beranda » Peringati Hari Bumi dengan Game Online  

Peringati Hari Bumi dengan Game Online  

TEMPO.CO, Jakarta - Perayaan Hari Bumi pertama kali terjadi pada 22 April 1970, dengan dihadiri 20 juta penduduk Amerika Serikat. Dipelopori oleh Senator Gaylord Nelson, Hari Bumi mulai menyebar ke seluruh penjuru dunia mulai 1990. Pada 2009, Negeri Abang Sam menetapkan Hari Bumi Internasional, dirayakan di lebih dari 175 negara.

Kini peringatan Hari Bumi juga dituangkan dalam berbagai permainan atau game dan aplikasi. Menurut situs USA Today, setidaknya ada lima game online dan aplikasi yang mendukung diskusi tentang daur ulang serta pemeliharaan bumi.

1. Maggie's Earth Adventures
Game gratis ini ditujukan bagi anak 8-14 tahun, melalui situs www.missmaggie.org. Permainan yang menampilkan enam petualangan kartun ini mengajarkan isu lingkungan hidup dengan menunjukkan cerita: Maggie dan anjingnya, Dude. Misalnya, Maggie dan Dude mengungkap penyebab penurunan populasi kepiting dan kerang di Teluk Chesapeake.

Mendapatkan peringkat lebih dari 4 bintang, Maggie's Earth Adventures memberikan enam petualangan kartun dan pelbagai mini game. Dengan demikian, para guru bisa mendapatkan sumber untuk mengajarkan tentang lingkungan hidup kepada muridnya.

2. Green Radventures: Book 1 HD
Game ini dibanderol dengan harga US$ 1.99 untuk iPad dan US$ 99 bagi iPhone serta iPod Touch. Mendapatkan peringkat tiga bintang, permainan ini baik untuk anak umur 4-12 tahun.

Green Radventures: Book 1 HD bercerita tentang anak kecil, Nico, dan pengasuhnya yang cinta lingkungan, Hannah. Mereka berdua berjalan-jalan ke pegunungan. Di sana Hannah menjelaskan segala hal yang berkaitan dengan lingkungan hidup di sekitar gunung. Ada juga nyanyian soal lingkungan hidup dengan teks pada halaman game.

"Pemain Green Radventures bisa belajar tentang pentingnya daur ulang dan penggunaan kembali barang bekas, agar tidak bertumpuk menjadi sampah," tulis USA Today.

3. Earth Day Carol
Game gratis ini tersedia untuk iPhone, iPod Touch, iPad, Android, dan Amazon. Permainan bagi anak 7-12 tahun ini mendapat peringkat 3 bintang.

Earth Day Carol menceritakan kisah botol plastik bernama Scrooge, yang tidak peduli lingkungan. Hingga beberapa hantu plastik membuat dia sadar akan pentingnya menjaga lingkungan hidup. "Earth Day Carol merupakan dongeng klasik tentang daur ulang."

4. Recycle Hero for Kids
Permainan yang diproduksi Yogome Inc ini baik untuk anak 5-12 tahun. Memperoleh peringkat 3 bintang, Recycle Hero for Kids berharga US$ 1.99-2.99 untuk iPhone, iPod Touch, iPad, Android, dan Amazon. Di Google Play, game yang disebut Educational Games for Kids ini tersedia versi gratis.

Dalam Recycle Hero for Kids, anak-anak menjadi pahlawan yang menyelamatkan dunia dari aksi pencemaran lingkungan oleh Ratu Ignorantia. Sang ratu membuang banyak sampah di Bumi. Lalu, anak-anak menyortir sampah dalam bentuk 36 puzzle pada enam lingkungan yang berbeda. "Di sini, pemain game bisa belajar tentang pembagian sampah berdasarkan jenis: plastik, aluminium, kompos, kaca, kertas, dan logam."

Selain itu, pemain juga dapat mendesain avatar-nya dan tempat sampah animasi. Hingga membuat aktivitas menyortir menjadi lebih menyenangkan.

5. Painting with Time: Climate Change
Game tentang perubahan iklim ini diciptakan bagi anak usia 8 tahun ke atas, dengan harga US$ 1.99 untuk iPad, iPhone dan iPod Touch.

Permainan yang mendapatkan peringkat 3,5 bintang ini merupakan aplikasi unik yang dimainkan dengan cara memilih periode dalam sebuah foto. Misalnya, pemain memilih gambar laut Arktika tahun 1979, melihat pencairan es hingga tahun 2009. "Kebanyakan dari game ini menunjukkan berbagai macam gambar tentang perubahan iklim dengan variasi gletser, danau, dan pegunungan."

USA TODAY | APRILIANI GITA FITRIA

Topik terhangat:
Ujian Nasional | Bom Boston | Lion Air Jatuh | Preman Yogya | Prahara Demokrat

Terpopuler

Hari Bumi 2013: Pergantian Musim Google Doodle
Berminat? Tiket untuk Tinggal di Mars Mulai Dijual
Inilah Smartphone Pertama buat Tunanetra
SANDISK CRUZER ORBIT Berdesain Unik dan Apik
myFC Power Trekk, Charger Ponsel Tenaga Air


http://www.tempointeraktif.com/hg/iptek/2013/04/22/brk,20130422-475072,id.html