Selasa, 23 April 2013

Beranda » Tiga prosesor baru pendukung Android 5.0

Tiga prosesor baru pendukung Android 5.0

Jakarta (ANTARA News) - Para produsen semikonduktor bersiap meluncurkan produk komponen System on Chip (SoC) perangkat seluler untuk mendukung sistem operasi terbaru Android, Android 4.2.2 dan Android 5.0.

Tiga produsen, seperti disebut CNET, yaitu Samsung, Qualcomm, dan Nvdia siap bersaing di pasar komponen SoC yang menggabungkan unit pusat pemrosesan (CPU), unit pemroses gambar (GPU), memori terintegrasi, dan komponen pemroses lain.

"Prosesor-prosesor baru itu akan mendukung tablet-tablet Android canggih untuk mengoperasikan permainan dengan tampilan definisi tinggi, perambahan Internet lebih cepat, konsumsi daya baterai rendah, dan tentu saja pengambilan foto lebih bagus," sebut Eric Franklin dari CNET.

Dalam persaingan komponen SoC itu, Samsung akan mengusung Exynos 5 Octa dengan delapan inti unit pemroses berbasis arsitektur ARM.

Samsung cenderung tidak gegabah untuk sekadar menawarkan jumlah inti pada komponen SoC, tetapi justru mencari komponen yang memiliki tingkat efisiensi tinggi.

Samsung mengklaim prosesor Exynos Octa mereka meningkatkan kemampuan CPU sebesar 70 persen dengan efisiensi baterai 20 persen.

Di sisi lain, Qualcomm seakan tak berhenti di prosesor 1,5 GHz, malah melanjutkan pengembangan di kecepatan 1,7 GHz dengan Snapdragon 600 yang akan dilanjutkan ke Snapdragon 800.

Qualcomm Snapdragon 600 telah dipakai LG Optimus G Pro yang di dalamnya terdapat CPU Krait 300 empat inti dan GPU Adreno 320.

Berbeda dari Snapdragon 600, Qualcomm Snapdragon 800 akan dilengkapi CPU Krait 400 yang mempunyai kecepatan 2GHz dan GPU Adreno 330, serta diperkirakan ada pada ponsel Nexus 7.2 dan Nexus 5.

Sementara, Nvidia juga tengah mengembangkan kemampuan prosesornya dengan kehadiran Nvdia Tegra 4 yang berbasis empat inti Cortex A-15 ARM dan satu inti penghemat baterai untuk perintah-perintah aplikasi rendah.

Produsen Nvidia mengklaim Tegra 4 akan lebih efisien menggunakan daya dengan kemampuan yang lebih dibanding pendahulunya, Nvidia Tegra 3.

Nvidia Tegra 4 juga mendukung layar beresolusi 3200 x 2000 piksel dan menyalurkan tampilan resolusi hingga 4000 piksel dengan konseksi HDMI.

Prosesor-prosesor itu akan mendukung kehadiran pembaruan sistem operasi Android Jelly Bean dengan versi 4.2.2 dan bahkan Android terbaru 5.0 yang bernama Key Lime Pie.


http://www.antaranews.com/berita/370793/tiga-prosesor-baru-pendukung-android-50