Rabu, 24 April 2013

Beranda » UII Tuan Rumah Kontes Robot Nasional Regional 2013

UII Tuan Rumah Kontes Robot Nasional Regional 2013

Pertandingan robot seni di babak final Kontes Robot Indonesia 2012 di Sabuga, Bandung, Jawa Barat, Minggu (1/7). Para juara di kontes ini akan mewakili Indonesia ke kontes robot internasional. TEMPO/Prima Mulia

TEMPO.CO, Yogyakarta-Universitas Islam Indonesia (UII) dipilih Direktorat Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai tuan rumah penyelenggara Kontes Robot Nasional Regional III 2013. Acara yang diikuti 71 tim dari 23 perguruan tinggi di wilayah DIY dan Jawa Tengah itu puncaknya akan dilangsungkan pada 4 Mei di GOR Ki Bagoes Hadikoesoemo UII.

"Ada 371 proposal yang masuk. Tapi yang lolos penjaringan tahap kedua hanya 71 tim," kata Ketua Pelaksana Izzati Muhimmah kepada Tempo, Rabu (24/4).

Tema kontes robot kali ini adalah Green Planet: each nation is a piece of the puzzle that forms the world; the responsibility to protect the earth thus lies on the shoulder of each person living on it. Kompetisi yang digelar dibagi menjadi lima jenis pertandingan. Yaitu Kompetisi Robot Indonesia (KRI), Kompetisi Robot Pemadam Api Beroda (KRPAI Beroda), Kompetisi Robot Pemadam Api Berkaki (KRPAI Berkaki), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI), dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI). Pemenang tingkat nasional akan mewakili Indonesia dalam kontes robot internasional ABU Robocon 2013 di Vietnam.

"Butuh kerja sama dan komunikasi yang baik antar anggota tim. Bagaimana robot bisa berdiri tegak, berjalan dengan seimbang, mampu mendengarkan perintah, dan dapat melihat sasaran," kata Izzati.

Juru bicara Fakultas Teknik Industri UII Jerry Irgo menambahkan, UII akan mengikuti seluruh kategori lomba. Tim Elemen Unisi akan berlaga dalam divisi KRI. Tim Ksatria Unisi akan bertanding dalam divisi KRSBI dengan mempersiapkan tiga robot humanoid. Tim Abunawas Unisi membangun robot mirip laba-laba berkaki empat yang akan berlaga dalam divisi KRPAI Berkaki. Tim Admiral Unisi yang siap dengan robot beroda tank akan meramaikan kompetisi dalam divisi KRPAI Beroda. Sedangkan Tim Icon Unisi dengan robot humanoid berkepala hanoman akan mengikuti lomba dalam divisi KRSI.

"Tim robot UII sudah dibentuk yang bergabung dalam Tim Unisi Robotics. Mereka meliputi mahasiswa dari tiga jurusan, yaitu Jurusan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Mesin, dan Jurusan Teknik Informatika," kata Jerri.

PITO AGUSTIN RUDIANA

Topik Terhangat:

#Ujian Nasional | #Bom Boston | #Lion Air Jatuh | #Preman Yogya


Baca juga:

Mahasiswa Indonesia Borong Medali di Kontes Robot
Kurang Semenit, Ponsel Ini Terjual 200 Ribu Unit
10 Negara dengan Hacker Terbanyak
Google dan Apple Berebut Beli Startup Ini


http://www.tempointeraktif.com/hg/it/2013/04/25/brk,20130425-475677,id.html