Selasa, 30 April 2013

Beranda » Android kuasai 64 persen pasar smartphone

Android kuasai 64 persen pasar smartphone

Jakarta (ANTARA News) - Android terus menguasai pasar smarpthone dunia. Perangkat berbasis sistem operasi besutan Google itu tercatat meraih 64,2 persen penjualan smartphone di pasar global.

Angka tersebut merupakan data penjualan perangkat gadget pada kuartal awal tahun 2013 oleh Worldpanel Comtech (WPC), seperti dilansir Techcrunch, Selasa.

Lembaga riset pasar ini melakukan penelitian dalam di seluruh pasar utama penjualan smartphone selama 12 minggu yang berakhir pada tanggal 31 Maret 2013.

Terdapat 9 negara yang disurvei oleh WPC. Negara itu antara lain Australia, China, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Spanyol, Inggris dan Amerika Serikat.

Data WPC menunjukkan Android mendominasi penjualan perangkat komunikasi canggih tersebut yaitu sekitar 64,2 persen mengalahkan platform mobile lainnya.

Jepang jadi satu-satunya pasar di mana Android dikalahkan Apple iOS dengan penjualan masing-masing platform 45,8 persen dan 49,2 persen untuk tiga bulan terakhir yang berakhir pada 31 Maret 2013.

Namun, di negara lainnya, platform berlogo robot hijau itu rata-rata menguasai sekitar 60 persen hingga 80 persen pasar di tiap negara. Spanyol jadi pasar terkuat penjualan Android. Di negara Matador itu Android berhasil menguasai pangsa pasar hingga 93,5 persen.

WPC melakukan wawancara kepada 240.000 responden setiap tahunnya di Amerika Serikat dan sebanyak 1 juta responden di seluruh negara Eropa. Mereka percaya bahwa Android semakin memperbesar dominasinya di ranah persaingan platform mobile dunia seiring diluncurkannya dua handset android, yaitu Galaxy S4 dari Samsung dan HTC One.

"Kami berharap terjadi lonjakan yang signifikan dalam pangsa Android beberapa bulan mendatang, setelah peluncuran HTC One dan Samsung Galaxy S4," ujar direktur konsumen global Worldpanel Comtech, Dominic Sunnebo.

Hal tersebut, lanjutnya, akan meningkatkan tekanan kepada Apple, BlackBerry, dan Nokia untuk menjaga produk mereka di benak konsumen smartphone.

Memang, di AS, tanpa peluncuran handset IOS dalam dua belas minggu terakhir. Penjualan Apple iOS menurun hampir satu persen menjadi 43,7 persen dibandingkan penjualan Android yang naik sebesar 1,4 persen menjadi sebesar 49,3 persen.

Sedangkan BlackBerry dengan BB10 hanya mencatat penjualan sebesar 0,9 persen atau naik sebesar 0,2 persen dari bulan lalu yang mencapai 0,7 persen.

Windows Phone disebutkan sebagai sistem operasi yang memiliki pertumbuhan baik. Meskipun belum mendominasi, platform mobile buatan Microsoft itu memiliki pertumbuhan sebesar 1,9 persen dari total penjualan sebesar 5,6 persen bulan lalu.

Di lima negara Eropa, Windows Phone menyumbang 6,5 persen dari penjualan smartphone, atau naik 2,5 persentase, sedangkan Android mencatat penjualan sekitar 68,8 persen, naik lebih dari 10 persen.
 
Demikian pula di Australia, Android menyumbang 63 persen dari penjualan, naik 8,8 persen, sementara Windows Phone mencatat penjualan sebesar 4 persen atau naik 0,8 persen.


http://www.antaranews.com/berita/372168/android-kuasai-64-persen-pasar-smartphone