Senin, 29 April 2013

Beranda » Lampu Mobil `Pengusir` Hujan

Lampu Mobil `Pengusir` Hujan

TEMPO.CO, Pittsburgh-Hujan lebat kerap menghalangi pandangan pengemudi ketika memacu kendaraannya. Peneliti dari Carnegie Mellon University, Amerika Serikat, membuat purwarupa lampu tembak "pengusir" hujan.

Lampu mobil pada umumnya menggunakan bohlam sebagai penerang jalan. Ketika cuaca cerah, cahaya lampu ditembakkan langsung ke jalan dan dipantulkan kembali ke pengemudi. Dari dalam mobil, jalan tampak terang sehingga mobil bisa dikendalikan dengan baik.

Lain cerita jika harus mengemudi ketika hujan deras. Cahaya lampu akan disambut oleh "tirai" yang dibentuk tetesan air hujan. Tirai cahaya tentu saja menghalangi pandangan pengemudi. Akibatnya pengemudi menderita karena harus menyetir mobil dalam jarak pandang terbatas.

Di masa depan, lampu bekerja menggunakan prinsip proyektor: bertugas menerangi jalan sekaligus membebaskan pengemudi dari pantulan cahaya dari air hujan. Lampu tembak canggih ini dilengkapi lampu proyektor, kamera, pembagi sinar, dan prosesor. "Jalan raya akan lebih aman dan pengemudi terbebas dari stres," ujar Srinivasa Narasimha, peneliti kopmuter dan elektonika dari Robotics Institute, Carnegie Mellon University.

Perancang merancang alat ini dalam sebuah wadah yang ringkas. Cahaya proyektor ditembakkan ke arah depan mobil. Tetes hujan akan memantulkan cahaya ini ke kamera yang terdapat di samping proyektor. Pergerakan tetes hujan dikirim ke prosesor untuk diprediksi lokasi jatuhnya. Komputer akan menghapus tetes hujan dan menayangkan pandangan kamera melalui sebuah monitor. Pengemudi menyaksikan pemandangan yang bebas dari air hujan. "Proses ini dilakukan dalam waktu 13 milidetik," ujar dia.

Meski sudah memiliki purwarupa, Narasimha menyebutkan masih terdapat beberapa kendala yang harus diatasi. Hingga kini ia masih menyempurnakan kemampuan penghapusan air hujan ketika dipengaruhi angin, turbulensi, dan getaran mobil. Ia belum bisa memastikan kapan produk ini akan diluncurkan ke pasar. Namun perusahaan prosesor yang ikut membiayai penelitian ini, Intel, berharap lampu tembak inovatif bisa dijual dalam satu dekade mendatang.

ANTON WILLIAM | CNET


Topik terhangat:
Gaya Sosialita | Susno Duadji | Ustad Jefry | Caleg | Ujian Nasional

Baca juga
Inilah Dinasti Politik Partai Demokrat
Susno Duadji Buron
Jika Susno Ditetapkan Buron, Kedaluwarsa 18 Tahun
Casillas ke Arsenal Jika Mourinho Masih di Madrid
Kejagung Buru Buronan Susno Duadji


http://www.tempointeraktif.com/hg/iptek/2013/04/29/brk,20130429-476657,id.html