Minggu, 28 April 2013

Beranda » Google Glass Bisa di-Jailbreak  

Google Glass Bisa di-Jailbreak  

TEMPO.CO, Jakarta - Belum juga diluncurkan untuk konsumen luas, perangkat kaca mata pintar dari Google, Google Glass, sudah di-jailbreak (dioprek). Seorang developer iOS dan Android kondang, Jay Freeman, berhasil men-jailbreak perangkat itu.

Freeman yang terkenal dengan nama Saurik menyatakan dia mempelajari jailbreak lewat OS Android 4.0 itu dengan mempelajari teknik jailbreak yang sudah dikembangkan oleh developer bernama B1nary. Namun, teknik jailbreak yang dikembangkan B1nary itu untuk perangkat ponsel ataupun tablet. "Saya pejalari teknik B1nary, lalu saya terapkan di Google Glass," ujarnya.

Dalam dua jam, kaca mata pintar itu bisa di-jailbreak. Jailbreak adalah teknik untuk mendapatkan akses penuh pada sebuah perangkat. Dengan di-jailbreak, maka konsumen bebas mengutak-atik perangkatnya.

Namun, yang di-jailbreak ini adalah Google Glass yang diperuntukkan bagi kalangan developer. Bukan Google Glass yang diperuntukkan buat konsumen umum. Dengan jailbreak ini, maka Google Glass tak harus mengunggah datanya ke server Google, tetapi menyimpannya sendiri di perangkat Google Glass.

Google yang biasanya memberikan keleluasaan bagi penggunanya kini sangat ketat untuk produknya Google Glass ini. Google melarang pengguna meminjamkan atau menjual kacamata pintar ini kepada orang lain. Peringatan Google tak main-main. Jika pengguna melanggar aturan ini, Google akan mematikan perangkat itu dari jauh. Baik si pemilik maupun peminjam tak akan mendapat garansi. Dengan men-jailbreak, maka Google tak bisa mematikan perangkat ini.

Freeman bukanlah yang pertama bisa men-jailbreak Google Glas. Sebelumnya, pengembang lain, Liam McLoughlin, juga bisa men-jailbreak perangkat ini.

Atas pen-jailbreak-an ini, Project Engineer Google X,  Stephen Lau, yang menciptakan Google Glass menyatakan bahwa Google memang membuat Google Glass edisi buat developer itu tak terkunci. Sehingga para developer bisa mengembangkannya karena ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan perangkat itu. Namun, tak jelas apakah edisi buat konsumen umum akan sama dengan edisi untuk para developer. 

FORBES|THE VERGE| NUR ROCHMI

Topik terhangat:
Gaya Sosialita | Susno Duadji | Ustad Jefry | Caleg | Ujian Nasional

Baca juga:
Susno Duadji Buron
Jika Susno Ditetapkan Buron, Kedaluwarsa 18 Tahun
Casillas ke Arsenal Jika Mourinho Masih di Madrid
Kejagung Buru Buronan Susno Duadji


http://www.tempointeraktif.com/hg/it/2013/04/29/brk,20130429-476480,id.html