Rabu, 24 April 2013

Beranda » Spesies Lalat Mini Ditemukan di Kosta Rika  

Spesies Lalat Mini Ditemukan di Kosta Rika  

Tinkerbella nana, Lalat terkecil di dunia yang baru ditemukan dengan panjang 0,13mm. garis skala = 100 μm. (sciencedaily.com/John T. Huber)

TEMPO.CO, Alajeula - Spesies baru lalat kecil telah ditemukan di Kosta Rika. Hewan bersayap halus yang pinggirannya seperti terpangkas ini dinamai seperti peri dalam kisah "Peter Pan".

Tinkerbella nana adalah sebutan bagi spesies baru ini. Ia adalah jenis tawon chalcid yang hampir semua bagiannya hidup parasit pada telur dan larva serangga lainnya. Ini adalah cara yang cukup mengerikan untuk hidup. Meski demikian, serangga lalat ini berguna bagi petani untuk mengendalikan hama jahat.

Banyak serangga lalat yang luar biasa kecil, termasuk Kikiki huna, spesies Hawaii yang tumbuh dengan panjang tubuh hanya 0,13 milimeter. Ini membuat mereka sulit ditemukan. Namun, para peneliti yang dipimpin oleh John Huber dari Natural Resources Kanada melakukan pencarian telur lalat kecil ini di serasah daun, tanah, dan tanaman di Alajeula.

Di sana, mereka menemukan spesimen T. nana yang berukuran panjang tidak lebih dari 250 mikrometer. Satu mikrometer setara dengan seperseribu milimeter.

Di bawah mikroskop, serangga mungil ini menunjukkan detail halus, bagian-bagian tubuhnya, sayap kurus yang berakhir pada pinggiran sayap mirip dengan rambut. Bentuk ini ternyata sangat membantu sayap serangga yang ultra kecil tersebut untuk mengurangi turbulensi dan gaya tarik ketika mereka terbang.

Para peneliti belum mengetahui bagaimana serangga kecil ini bisa melakukannya. Mereka mempublikasikan penemuan ini dalam jurnal penelitian Hymenoptera pada 24 April lalu.

LIVE SCIENCE | ISMI WAHID

Berita Lain:
Solusi Kaspersky untuk Mesin Virtual
Ditemukan, Gen Penunda Kehamilan
MoviMAX Ramaikan Pasar Tablet Makassar
Google dan Apple Berebut Beli Startup Ini
Mahasiswa Indonesia Borong Medali di Kontes Robot


http://www.tempointeraktif.com/hg/iptek/2013/04/25/brk,20130425-475723,id.html