Jumat, 03 Mei 2013

Beranda » Vietnam Luncurkan Satelit Penginderaan Jauh

Vietnam Luncurkan Satelit Penginderaan Jauh

TEMPO.COHanoi - Vietnam akan meluncurkan satelit penginderaan jauh (inderaja) pertamanya, VNREDSat-1, pada Sabtu, 4 Mei 2013. Seperti dikutip Vietnam Investment Review, satelit akan diluncurkan dari bandar angkasa Kourou di Guyana, Prancis.

VNREDSat-1 akan diluncurkan ke orbit yang sinkron dengan matahari (SSO) pada ketinggian hampir 670 kilometer.

"Ini membuka babak baru bagi ilmuwan Vietnam untuk mempelajari dan menguasai antariksa," ujar Bui Trong Tuyen, Wakil Kepala Institut Teknologi Antariksa Vietnam, Jumat, 3 Mei 2013.

VNREDSat-1 tergolong satelit pengamatan optik yang mampu menangkap gambar pada semua bidang di permukaan bumi. Misinya terutama untuk mengambil foto dalam format multispectral empat band (MS) dan panchromatic (PAN), dengan waktu pengiriman selama tiga hari. Resolusi spasial untuk PAN mencapai 2,5 meter dan 10 meter untuk MS.

Dengan ukuran 600 x 570 x 500 milimeter, VNREDSat-1 berbobot total sekitar 120 kilogram. Satelit ini dirancang untuk bekerja selama lima tahun.

VNREDSat-1 bukanlah satelit pertama bagi Vietnam. Sebelumnya, Vietnam pernah meluncurkan dua satelit telekomunikasi, Vinasat 1 dan Vinasat 2, masing-masing pada 2008 dan 2012.

Pejabat tinggi Partai Komunis Vietnam, mengutip sumber-sumber dari Akademi Sains dan Teknologi Vietnam, mengatakan VNREDSat-1 mampu menyediakan gambar satelit beresolusi tinggi yang akan digunakan oleh kementerian, lembaga, pemerintah provinsi dan pemerintah kota di Vietnam. "Mempermudah pembangunan sosial-ekonomi dan mengatasi bencana alam dan perubahan iklim," ujarnya, seperti dikutip Xinhua.

Proyek VNREDSat-1 merupakan hasil investasi bersama antara Overseas Development Assistance (ODA) dari pemerintah Prancis yang menggelontorkan dana sebesar US$ 73,3 juta serta US$ 3,1 juta dari pemerintah Vietnam.

Satelit ini dirancang dan perakitannya diawasi langsung oleh Astrium SAS Company, perusahaan di bawah European Aeronautic Defence and Space Company (EADS), yang dikenal sebagai ahlinya memproduksi satelit asal Prancis.

Seluruh gambar hasil jepretan VNREDSat-1 akan dikelola satu pintu oleh Kementerian Sumber Daya Alam dan Lingkungan, yang dinilai paling kompeten dari segi infrastruktur untuk menerima, menyimpan, memproses, dan mendistribusikan gambar satelit hasil penginderaan jauh. Kementerian ini juga memiliki sistem pengawasan yang lengkap dan independen dari satelit ke stasiun penerima.

VIR | XINHUA | MAHARDIKA SATRIA HADI


Topik terhangat:
Susno Duadji
 | Ustad Jefry | Caleg | Ujian Nasional

Berita Lainnya:
Yusril: Menyerah, Tak Berarti Susno Mengakui
Pesan Susno ke Yusril: Saya Minta Dieksekusi  
Susno Duadji Masuk Sel Cibinong Tengah Malam
Pengacara Susno Duadji: Itu Kabar Burung 
Moge Ringsek Uje Bakal Dilelang
Uang Lelang Moge Uje untuk Bangun Masjid
Densus 88 Tangkap Tiga Terduga Teroris


http://www.tempointeraktif.com/hg/iptek/2013/05/03/brk,20130503-477745,id.html