Minggu, 12 Mei 2013

Beranda » Spesies Unik Ikan Laut Dalam Baru dari Antartika  

Spesies Unik Ikan Laut Dalam Baru dari Antartika  

TEMPO.CO , Jakarta:Pelaut Ukraina mendapatkan tiga ikan yang tampaknya asing dalam tangkapannya pada tahun 2010 lalu. Analisis lebih lanjut menunjukkan ikan-ikan itu adalah spesies yang belum pernah ditemukan. Ikan tersebut dijuluki Hopbeard Plunderfish dengan nama ilmiah Pogonophryne neyelovi. Detil laporan ini telah dipublikasikan online pada jurnal ZooKeys edisi 29 April lalu.

Ikan spesies baru ini memang terlihat aneh. Ia memiliki tubuh berwarna kecoklatan dengan motif seperti cat yang memerciki tubuhnya. Bentuknya seperti kecebong terutama ketika masih berusia muda. Mereka memiliki sirip punggung tajam yang membentang di sepanjang bagian atas tubuhnya. Serta sungut aneh, menyerupai korek kuping yang menancap di dagu.

Panjang tubuh 3 spesimen ini adalah 35,5 cm. Habitatnya di perairan laut dalam. Pada saat ditemukan oleh nelayan Ukraina itu, ikan-ikan ini berasal dari kedalaman 1.390 meter. Ikan ini memiliki ukuran hati yang besar, mengisi hampir 35 persen dari perut mereka. Hingga saat ini belum diketahui perilaku mereka, makanan serta apa yang mereka lakukan di kedalaman itu.

LIVE SCIENCE | ISMI WAHID

Berita Terhangat:
Teroris
| Edsus FANS BOLA | Ahmad Fathanah | Perbudakan Buruh


TEKNO Terhangat:
Masa Depan Bisa Diprediksi Sejak Usia Dini 
Jamur Berperan Penting untuk Komunikasi Tanaman
Robot Pendeteksi Bau Kaki dan Nafas


http://www.tempointeraktif.com/hg/sains/2013/05/13/brk,20130513-479819,id.html