Jumat, 10 Mei 2013

Beranda » Ngengat Lilin Mendengar Frekuensi Suara Tertinggi

Ngengat Lilin Mendengar Frekuensi Suara Tertinggi

TEMPO.CO, Glasgow--Ngengat lilin raksasa (Galleria mellonella) ternyata mampu mendengar frekuensi tinggi di alam. Serangga ini menjadi hewan yang bisa mendengar frekuensi tertinggi di alam. Tim peneliti di Strathclyde University, Glasgow menemukan bahwa ngengat dapat merasakan frekuensi suara hingga 300 kHz.

Manusia saja hanya bisa mengelola suara hingga 20 kHz saja. Sedangkan lumba-lumba yang menggunakan USG memiliki keterbatasan sekitar 160 kHz.

Tim peneliti berharap bahwa penemuan ini akan mengarah pada inovasi teknologi baru seperti miniatur mikrofon. Penemuan tersebut telah diterbitkan dalam Royal Society journal, Biology Letters sebagai teknik ultrasonik.

"Kami sangat terkejut menemukan bahwa ngengat mampu mendengar frekuensi suara pada tingkat ini," kata Dr James Windmill yang memimpin penelitian. Ia berharap bahwa penemuan ini akan mendorong tim untuk lebih memahami udara yang berpasangan dengan ultrasonografi.

Sebagai sinyal frekuensi tinggi, penggunaan USG di udara sangat sulit. Frekuensi dengan cepat melemah di udara. Hewan lain seperti kelelawar diketahui menggunakan ultrasound untuk berkomunikasi. Dan sekarang sudah jelas bahwa ngengat mampu menggunakannya bahkan lebih maju menggunakan frekuensi suara itu.

Dr Windmill mengatakan bahwa mereka belum menemukan dengan jelas bagaimana ngengat telah mengembangkan kemampuan ini. "Ada kemungkinan bahwa mereka meningkatkan komunikasi antara sesamanya untuk menghindari penangkapan dari predator alami seperti kelelawar yang menggunakan suara yang sama," ujarnya.

Dr Windmill dan rekan-rekannya ingin mengembangkan pemahaman mereka tentang ultrasound dan bagaimana mengirim dan menerima denyut ultrasonik di udara. Tim ini bekerja untuk menerapkan studi pada Ngengat lilin raksasa dan telinga serangga lainnya dengan desain sistem mikro akustik. Mereka berharap dapat menghasilkan inovasi teknologi baru seperti miniatur mikrofon.

BBC | ISMI WAHID

Terhangat:
Teroris | E-KTP | Vitalia Sesha | Ahmad Fathanah | Perbudakan Buruh

Baca juga:
Gerhana Matahari Lebih Jelas di Indonesia Timur
Ini Cara Mengamati Gerhana Matahari
Alex Ferguson Di-Mention 6 Juta Kali dalam 24 Jam
20 Mei, Yogyakarta Uji Coba Bus Listrik


http://www.tempointeraktif.com/hg/iptek/2013/05/11/brk,20130511-479512,id.html