Rabu, 08 Mei 2013

Beranda » Ditemukan Tumbuhan Karnivora Baru di Jepang

Ditemukan Tumbuhan Karnivora Baru di Jepang

TEMPO.CO, Jepang -Ditemukan spesies baru yaitu tumbuhan karnivora di Aichi, Jepang, berdasarkan informasi yang dilansir oleh The Japan Times. Tumbuhan itu disebut "Tumbuhan Pengumpan." Tapi, tumbuhan itu tidak satu spesies dengan tumbuhan pemakan serangga, Drosera Indica.

Tumbuhan sundew dan tumbuhan pengumpan sama-sama tumbuhan karnivora dan juga pemakan serangga, tapi mereka tetap berbeda. Tumbuhan Pengumpan memiliki bunga besar yang menyerupai mangkuk. Permukaan bunga itu licin sehingga bisa menyebabkan mangsa jatuh ke dalamnya, lalu dilahap.

Sedangkan Sundew memiliki tentakel yang nampak seperti duri yang diselimuti embun. Tentunya itu bukanlah embun. Tapi lendir yang bisa menjebak serangga yang mati akibat keletihan, dehidrasi, kelaparan, sulit bernafas karena dilahap oleh enzim yang terkandung di dalam lendir.

Tumbuhan Pengumpan ditemukan oleh seorang profesor di bidang klasifikasi tanaman di Aichi University, Mikio Watanabe. Ia masuk dalam daftar anggota tim ilmu pengetahuan alam di Aichi University.

The Japan Times mengatakan bahwa Watanabe melakukan analisis genetik-tidak disebutkan jenisnya-dan menemukan bahwa tumbuhan pengumpan tidak satu spesies dengan sundew.

POPSCI | APRILIANI GITA FITRIA

Berita Terpopuler:
Satelit LAPAN Bantu Gali Potensi Pajak
Plants vs Zombies 2 Akan Diluncurkan Juli
Facebook Hadir di Google Glass
The Sims 4 Diluncurkan Tahun Depan


http://www.tempointeraktif.com/hg/sains/2013/05/08/brk,20130508-478931,id.html