Sabtu, 04 Mei 2013

Beranda » "Road Tour" buat otak lebih muda tiga tahun

"Road Tour" buat otak lebih muda tiga tahun

Jakarta (ANTARA News) - Ada yang bilang bermain game di komputer merusak otak? Sepertinya itu perlu dipikirkan ulang, sebab Ilmuwan mengklaim bermain game selama sepuluh jam bisa membuat pikiran Anda lebih muda tiga tahun.

"Bermain game hingga 10 jam benar-benar bisa membuat pikiran Anda lebih muda tiga tahun dan efeknya berlangsung setidaknya selama satu tahun," menurut penelitian yang dilakukan  Profesor Fred Wolinsky, seperti dilansir dailymail, Sabtu.

Tetapi tidak semua game bisa memberikan efek seperti itu karena ada games tertentu yang telah dirancang para ahli, yang melatih otak untuk mengingat informasi sambil menyaring gangguan.

Ketika pria dan wanita berusia 50 tahun bermain game Road Tour selama sepuluh jam, tes menunjukkan setahun kemudian kemampuan pikiran mereka tidak melambat sejalan dengan usia. Sebaliknya, perkembangan otak mereka menjadi lebih tajam.

Rata-rata, ujar Profesor Fred, otak mereka tiga tahun lebih muda secara keseluruhan - tetapi dalam satu uji kecepatan dan konsentrasi, kemampuan otak mereka hampir tujuh tahun lebih muda.

"Kami tahu bahwa ini dapat menghentikan penurunan dan benar-benar mengembalikan kecepatan proses kognitif untuk beberapa orang," kata Profesor Fred Wolinsky.

Menurut dia, Ini cukup mudah dan orang tua bisa bermain game ini.

Game satu ini dapat diakses secara online tapi tidak gratis. Meliputi dua hal yang harus diingat, kendaraan dan tanda jalan.

Cara bermain game ini yaitu pemain ditunjukkan dengan mobil atau truk dan disuruh mengingatnya.

Kendaraan ini dikelilingi oleh serangkaian simbol yang mencakup tanda jalan. Lalu, pemain harus menghafal posisi tanda itu. Kemudian mereka harus mengidentifikasi kendaraan dan posisi tanda jalan.

Ketika permainan berlangsung, jumlah waktu diperbolehkan dipotong, bentuk mobil dan truk menjadi lebih mirip dan jumlah informasi yang mengganggu dan tidak relevan meningkat.

Meskipun tugas permainan tersebut sederhana, game ini memberikan stiumulus kepada pemain untuk melatih kecepatan, kemampuan mengingat, penglihatan, dan konsentrasi.

"Manfaatnya sangat penting dalam kehidupan sehari-hari misalnya memberikan informasi seperti berkendara yang aman seiring dengan bertambahnya usia," ujar dia.

Sebanyak 700 orang berusia 50 atau lebih diminta bermain game Road Tour. Beberapa yang lainnya bermain dalam pengawasan di laboratorium, sementara yang lain mengaplikasikan game tersebut di rumah.

Tidak hanya game Road Tour yang memberikan efek efektif bagi otak. Tapi permainan seperti teka-teki silang, juga memiliki pengaruh yang sama, seperti laporan Jurnal PLoS ONE.

Game satu ini dapat diakses secara online tapi tidak gratis. Game "Road Tour ini merupakan bagian dari paket pelatihan otak. Jika ingin bermain bisa berlangganan minimal satu bulan dengan harga sekitar 8 poundsterling atau Rp120 ribu. Sementara untuk akses online selama satu tahun biayanya 5 poundsterling atau Rp75 ribu per bulan jika dibayar di muka.

Dengan bermain game itu, otak lebih muda tiga tahun jika bermain selama 10 jam. Sedangkan, bila bermain selama 14 jam bisa meningkatkan ketajaman otak selama empat tahun.

Penelitian sebelumnya juga mengatakan bahwa game bermanfaat untuk mengurangi depresi. Meski begitu juga ada permainan yang tidak membuktikan manfaat terhadap proses kognitif seperti itu dalam kehidupan sehari-hari.

Direktur penelitian di Alzheimer's Society Dr Doug Brown mengatakan banyak dari masyarakat bingung memikirkan permainan. Namun, saat ini sedikit bukti bahwa pelatihan otak memiliki manfaat kognitif.

"Meskipun tidak ada obat untuk demensia, penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa makan diet seimbang, berolahraga secara teratur dan tidak merokok dapat memberikan kontribusi penting untuk mengurangi risiko terkena demensia," ujar dia.


http://www.antaranews.com/berita/372989/road-tour-buat-otak-lebih-muda-tiga-tahun