Minggu, 12 Mei 2013

Beranda » Lapisan Es Kutub Utara Bakal Lenyap

Lapisan Es Kutub Utara Bakal Lenyap

TEMPO.CO, Amherst --- Kutub utara mengalami kondisi bersuhu hangat sekitar 3,6 juta tahun lalu sebelum terjadinya zaman es. Saat itu, konsentrasi karbondioksida di atmosfer bumi tidak jauh lebih tinggi dibandingkan data saat ini. Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa kutub utara akan bebas dari lapisan es mungkin menjadi kenyataan dalam waktu dekat.

Tim peneliti internasional menganalisa inti sedimen yang dikumpulkan pada 2009 dari danau El'gygytgyn yaitu danau dalam tertua di timur laut Rusia Arktik. Sampel tersebut memungkinkan para ilmuwan mengintip kembali sejarah iklim Arktik pada 2 hingga 3 juta tahun yang lalu.

Para peneliti menemukan bahwa pada saat itu, Kutub utara sangat hangat yaitu sekitar 8 derajat celsius. "Lebih hangat dibandingkan saat ini," kata Julie Brigham-Grette, profesor geosains di University of Massachusetts Amherst sekaligus penulis utama studi. Laporan studi telah diterbitkan 9 Mei 2013 di jurnal Science. "Mungkin saat itu tak ada laut es. Seluruh Arktik ditutup hutan, seperti dunia yang sangat berbeda," kata Brigham-Grette.

Danau El'gygytgyn terbentuk sekitar 3,6 juta tahun yang lalu ketika sebuah meteorit menabrak bumi dan membentuk 18 kilometer kawah. Danau ini adalah salah satu daerah Arktik yang tidak terkikis oleh lapisan benua es selama zaman es. Ini berarti danau tersebut telah mengumpulkan sedimen secara terus menerus dan tak terganggu.

Para peneliti memeriksa fosil serbuk sari dalam inti sedimen dan menemukan jejak cemara Douglas dan Hemlock. Fosil vegetasi ini membantu para ilmuwan untuk mengumpulkan petunjuk lebih lanjut tentang curah hujan dan iklim. "Anda harus memiliki musim panas yang cukup hangat dan musim dingin yang hangat pula agar cemara Douglas dan hemlock bisa tumbuh di sana," kata Brigham-Grette.

Penelitian sebelumnya menunjukkan proporsi karbondioksida di atmosfer pada zaman Pilosen tengah dan awal Pleistosen mirip dengan level yang tercatat saat ini. Jika ini terjadi, iklim bumi mungkin lebih sensitif terhadap karbondiosida. Beberapa perubahan yang terlihat saat ini yaitu pencairan es laut, garis pohon yang bergeser dan gletser dengan tingkat ablasi yang luar biasa bisa jadi menunjukkan bahwa iklim saat ini sedang menuju kembali ke zaman Pliosen. Berita Iptek lainnya klik di sini.

LIVE SCIENCE | ISMI WAHID

Berita Lainnya:
Kisah Buruh Panci yang Kabur dan Ditangkap Tentara  
Angkringan Tak Sehat Sumber Penularan Hepatitis A  
Ratusan Penumpang Citilink Mengamuk di Adisutjipto
Polisi Takut Tangkap Anggota TNI Beking Bos Panci  
Ahmad Fathanah Minta Sefti Tak Meninggalkannya  


http://www.tempointeraktif.com/hg/iptek/2013/05/13/brk,20130513-479840,id.html