Kamis, 09 Mei 2013

Beranda » Ongkos Bikin Galaxy S4 Lebih Mahal dari iPhone 5

Ongkos Bikin Galaxy S4 Lebih Mahal dari iPhone 5

Samsung kenalkan produk terbarunya, Samsung Galaxy S4 di Jakarta, (2/5). Smartphone yang menghadirkan teknologi inovasi terdepan ini di jual dengan harga Rp 7.499 juta. TEMPO/Imam Sukamto

TEMPO.CO, Jakarta - Samsung terus menggempur pasar pesaing-pesaingnya. Yang terbaru, mereka meluncurkan smartphone dan tablet yang lebih tipis, lebih canggih, dan lebih 'murah' dari pesaing ketatnya, Apple.

Namun sesuatu yang 'murah' tidak berarti murah pula pembuatannya. Sebuah analisis Samsung Galaxy S4 yang dilakukan oleh perusahaan riset pasar IHS iSuppli menemukan bahwa material versi 32 GB dari ponsel ini tak murah. Dalam pembuatan ponsel andalan terbaru Samsung ini, materi yang digunakan (built of material/BOM) sekitar US$ 237 per unit, alias hampir 10 persen di atas BOM iPhone 5 32 GB.

Menurut IHS iSuppli, nilai BOM ponsel cerdas besutan teranyar Apple ini hanya US$ 217.

Tentu saja, banyak komponen biaya Galaxy S4 disalurkan kembali ke perusahaan Samsung lainnya. "Kekuatan Samsung adalah kemampuan untuk menggunakan sumber daya yang mereka hasilkan sendiri," kata analis IHS, Vincent Leung. "Mereka hanya terus menambahkan ke daftar komponen yang mereka dapat sediakan untuk diri mereka sendiri."

BGR NEWS | TRIP B


http://www.tempointeraktif.com/hg/it/2013/05/09/brk,20130509-479211,id.html