Jumat, 10 Mei 2013

Beranda » Jumlah Blogger di Indonesia Capai 5 Juta Orang

Jumlah Blogger di Indonesia Capai 5 Juta Orang

TEMPO.CO, Surakarta - Jumlah blogger di Indonesia meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Wakil Presiden ASEAN Blogger Chapter Indonesia Amril Taufik Gobel mengatakan jika pada 2008 tercatat hanya ada 500 ribu blogger aktif, maka per akhir 2011 melonjak menjadi 5 juta blogger. "Atau bertambah sepuluh kali lipat," ujarnya di sela Festival Blogger ASEAN di Surakarta, Jumat 10 Mei 2013.

Menurutnya kenaikan jumlah blogger yang signifikan tersebut disebabkan beberapa hal. Pertama aplikasi blog yang semakin mudah digunakan karena ada pilihan bahasa Indonesia. "Jadi gampang (bikin blog)," katanya.

Faktor pendorong lainnya adalah biaya mengakses internet yang lebih murah dan akses internet lebih cepat. Hanya saja kebanyakan blogger berada di Jakarta dan sekitarnya. Dia berharap dengan perbaikan infrastruktur, semakin banyak blogger di daerah-daerah.

"Sekarang memang sudah bermunculan komunitas blogger di daerah-daerah. Tapi belum menjangkau semua," ujarnya.

Dia menilai, aktivitas `ngeblog` sebagai kegiatan positif. Setiap orang terpacu menulis hal-hal positif tentang bidang yang dikuasainya.

Soal masih adanya blog yang berisi informasi negatif, dia mengatakan hal itu menjadi tanggung jawab bersama. Terutama komunitas blogger agar giat melakukan edukasi ke masyarakat. "Agar masyarakat tidak hanya bisa membuat blog, tapi juga punya etika ngeblog. Berikan informasi yang positif dan bermanfaat," dia mengharapkan.

Di kesempatan yang sama, Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika, Suprawoto mengatakan pemerintah berupaya menghubungkan tiap daerah dengan akses internet. Upaya itu dimulai pada 2006 dengan meminta setiap operator untuk menyisihkan 0,75 persen pendapatannya untuk pengembangan infrastruktur. "Yaitu infrastruktur yang operator tidak mau membangunnya seperti di pedesaan, daerah terdepan, dan pulau terluar Indonesia," katanya.

Pada 2009, besarannya meningkat menjadi 1,25 persen dari pendapatan. Kali ini digunakan untuk membuat jalan tol broadband. Dia berharap pada 2014-2015 jalan tol broadband tersebut sudah selesai. "Sehingga tidak ada lagi daerah yang tidak terhubung. Saya yakin ke depan jumlah blogger akan terus bertambah," ujarnya.

UKKY PRIMARTANTYO

Topik terhangat:
Pengg
erebekan Teroris | E-KTP |Vitalia Sesha & Wanita-wanita Fathanah | Perbudakan Buruh

Berita lainnya:
Bos Perbudakan Buruh Panci, Yuki Irawan Buka Suara
Tersangka Teroris Sembunyi di Bak Air
Pintar Agama dan Bahasa Arab, Fathanah Tak Jumatan
Arya Wiguna: Vitalia Sesha itu Beneran Cantik
Fathanah Naikkan Gaji Sopir Tiap Bulan


http://www.tempointeraktif.com/hg/it/2013/05/10/brk,20130510-479357,id.html