Kamis, 09 Mei 2013

Beranda » Solo Siap Manjakan Peserta Festival Blogger ASEAN

Solo Siap Manjakan Peserta Festival Blogger ASEAN

TEMPO.CO, SURAKARTA--Pemerintah Surakarta serius mempersiapkan diri untuk menyambut peserta Festival Blogger ASEAN yang diselenggarakan pada 10-12 Mei 2013. Kepala Seksi Jaringan Informatika dan Informasi Publik Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Surakarta, Taufan Redina mengatakan ada beragam kegiatan yang memanjakan para peserta.

Misalnya peserta akan dijamu makan malam secara khusus di rumah dinas Wali Kota Surakarta pada Kamis, 9 Mei 2013 malam. Rencananya Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring dan Wakil Menteri Luar Negeri Wardana turut dalam jamuan makan malam.

Setelah serangkaian pembukaan dan seminar pada Jumat, 10 Mei dengan pembicara Hermawan Kartajaya dan Joko Widodo , peserta lantas diajak mengunjungi beberapa destinasi menarik di Surakarta dan sekitarnya. Misalnya melihat keindahan Candi Sukuh dan Candi Cetho di Karanganyar pada 11 Mei.

"Di hari yang sama, ada kunjungan ke proyek urban forest di bantaran Bengawan Solo,"katanya, Kamis, 9 Mei 2013.

Program yang satu ini memang sengaja dipamerkan Pemerintah Surakarta  untuk menunjukkan bahwa bantaran Bengawan Solo yang sebelumnya penuh hunian masyarakat, kini menjadi taman dan daerah penghijauan. "Pemerintah memindah warga ke lokasi yang baru tanpa gejolak sosial," ujarnya.

Kegiatan lainnya yaitu menyaksikan Mangkunegaran Performing Art yang diselenggarakan pada 10-11 Mei 2013 di Pura Mangkunegaran. Lalu menonton pertunjukan Sendratari Ramayana di Taman Balekambang.

Dia mengatakan segala keunggulan Solo di bidang wisata, budaya, dan penanganan masalah sosial sengaja ditampilkan. Sehingga para blogger dari Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara dapat melihat secara langsung. Harapannya pengalaman para blogger tersebut dituangkan di blog masing-masing. Secara tidak langsung hal ini menjadi promosi bagi Surakarta.

Ada 250 blogger yang diundang dalam Festival Blogger ASEAN. Taufan mengatakan seluruh delegasi sudah hadir dan siap mengikuti berbagai acara. "Kami juga sudah mempersiapkan infrastruktur yang dibutuhkan seperti koneksi internet kecepatan tinggi di beberapa titik, khususnya di sekitar lokasi acara," ucapnya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Taman Balekambang Endang Sri Murniati mengatakan Sendratari Ramayana termasuk pertunjukan yang diminati masyarakat. Berada di area terbuka, Sendratari Ramayana selalu penuh pengunjung.

"Ceritanya mulai sayembara memperebutkan Dewi Sinta sampai babak Sinta Obong," katanya. Durasi pertunjukan sekitar 1,5 jam. Dia mengatakan saat terbaik menyaksikannya saat bulan purnama. 

UKKY PRIMARTANTYO


http://www.tempointeraktif.com/hg/it/2013/05/09/brk,20130509-479151,id.html