Minggu, 05 Mei 2013

Beranda » Saat Berebut Makan, Ikan Kecil Bisa Menang

Saat Berebut Makan, Ikan Kecil Bisa Menang

TEMPO.CO , Jakarta: Ketika ikan berebut makanan, jangan meremehkan ikan-ikan berukuran kecil. Menurut penelitian baru, dalam situasi berebut itu, kepribadian ikan, termasuk seberapa agresif mereka, mungkin lebih penting daripada ukuran tubuh.

Para peneliti dari University of Exeter di Inggris dan Texas A&M University, College Station mempelajari bagaimana ikan berukuran kecil saling berebut makanan bersama ikan besar yang lainnya. Mereka menemukan bahwa ikan-ikan kecil yang memperlihatkan perilaku agresif akan bernasib baik dalam kontes berebut makanan itu. Tak peduli bahwa mereka lebih kecil.

Temuan yang telah diterbitkan dalam jurnal Behavioral Ecology and Sociobiology edisi April 2013 ini menunjukkan bahwa kekuatan kepribadian ikan mungkin sangat penting ketika makanan sangat langka. "Penelitian kami menunjukkan bahwa ikan kecil dengan sifat agresif mampu mengalahkan teman-temannya yang lebih besar bahkan lebih pasif ketika berebut makanan," kata Alastair Wilson, ahli ekologi evolusi di departemen biosciences di Universitas Exeter. Menurutnya, jelas bahwa kepribadian dapat memiliki implikasi yang luas bagi kehidupan dan kelangsungan hidup.

Wilson dan rekan-rekannya memasangkan ikan swordtail (Xiphophorus birchmanni) berukuran besar dan kecil. Lalu memonitor perilaku mereka saat berebut makanan. Terlepas dari ukuran, ikan yang lebih agresif akan memenangkan makanan itu dan kemudian berat badannya akan bertambah.

Peneliti menemukan bahwa ikan jantan lebih cenderung menyerang ikan lainnya untuk memenangkan makanan. Sedangkan betina tampak kurang agresif secara keseluruhan dan jarang menyerang lawan mereka. Dalam penelitian itu tak ada ikan yang terluka fisik maupun tertekan.

Penelitian sebelumnya telah menyebutkan bahwa aspek kepribadian hewan dapat diwariskan. Dengan demikian, para peneliti tertarik untuk menguji apakah perilaku agresif saat berebut makanan apakah terkait dengan keberhasilan reproduksi.

LIVE SCIENCE | ISMI WAHID

Topik Terhangat:
Pemilu Malaysia | Harga BBM | Susno Duadji | Ustad Jefry | Caleg

Baca juga:
25 Buruh Panci Disekap, 3 Bulan Tidak Mandi

Bos Pabrik Panci yang Siksa Buruh Jadi Tersangka
Kisah Buruh Pabrik Panci Kabur dari Sekapan Bos
Finalis X Factor Indonesia Ramaikan Konser Lenka
Profil Andressa Urach, Selingkuhan Ronaldo
Korban Tewas Bom TNI Sempat Dapat Uang dari SBY


http://www.tempointeraktif.com/hg/iptek/2013/05/06/brk,20130506-478109,id.html