Kamis, 09 Mei 2013

Beranda » Fosil dari Lereng Merapi Diteliti Dua Ahli

Fosil dari Lereng Merapi Diteliti Dua Ahli

Gunung Merapi dilihat dari alam pedesaan kawasan Kaliurang Km 7, Sonokayen, Sleman, DI Yogyakarta. TEMPO/Subekti

TEMPO.CO, Sleman -Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta meneliti benda yang diduga fosil dari Lereng Gunung Merapi. Benda itu ditemukan warga Pagerjurang, Subur, 45 tahun,  di bantaran Kali Opak, lereng Gunung Merapi, Jumat 3 Mei 2013.  "Ada dua orang ahli purbakala yang meneliti benda itu," kata Kepala Seksi Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan BPCB Yogyakarta, Wahyu Astuti, Kamis , 9 Mei 2013.

Benda yang ditemukan warga Pagerjurang, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman itu secara kasat mata mirip fosil.  Namun benda itu perlu kajian ilmiah untuk memastikan benda itu fosil. Meskipun tulang membatu,  penelitian ilmiah perlu untuk membuktikan bahwa itu benda purbakala.

Jika fosil,  temuan ini merupakan temuan besar. Sebab, di lereng sisi selatan Merapi bukan sebaran hewan-hewan purba. Dugaan awal, benda  membatu itu fosil binatang. "Jika benda itu memang fosil hewan, bernilai sangat tinggi," kata dia.

Benda yang serupa scapula atau belikat hewan besar tadi memiliki lubang bulat yang biasanya berisi sumsum.  Selama ini fosil belum pernah ditemukan di lereng Merapi.  Kepala BPCB Yogyakarta, Tri Hartono mengatakan, tim intern akan memastikan apakah benda tersebut bernilai cagar budaya. Jika benar, BPCB akan mengeluarkan rekomendasi, seperti penggalian dan pemberian reward kepada penemu.

Subur menyatakan benda tadi ia temukan di Kali Opak, sekitar 10 kilometer dari puncak gunung pada kedalaman satu meter. Benda itu berukuran panjang 55 sentimeter, lebar 43 sentimeter dan tebalnya sekitar 20 sentimeter.  "Saya dulu sering diajak orang luar negeri meneliti benda purba, jadi saya curiga itu adalah fosil," kata dia.

MUH SYAIFULLAH

Topik hangat:
Perbudakan Buruh | Harga BBM | Susno Duadji | Ustad Jefry

TEKNO Terhangat
Fisikawan Stephen Hawking Boikot Israel 
Presiden Assad: Suriah Sanggup Perang Lawan Israel
Mobil Batman Tidak Cuma Ada di Film



http://www.tempointeraktif.com/hg/sains/2013/05/09/brk,20130509-479156,id.html