Jumat, 10 Mei 2013

Beranda » Facebook Incar Layanan Lalu Lintas Waze

Facebook Incar Layanan Lalu Lintas Waze

TEMPO.CO , Jakarta- Facebook dikabarkan tengah menawar jejaring sosial Waze. Jejaring sosial yang fokus di navigasi dan lalu lintas ini kini sudah memiliki 47 juta pengguna di seluruh dunia. Reuters, mengutip harian bisnis Calcalist melaporkan, kesepakatan ini bisa membuat Facebook memiliki aplikasi pemetaan dan bersaing dengan Apple dan Google. Calcalist mengatakan pembicaraan dimulai enam bulan lalu. Pihak Waze dan Facebook menolak untuk mengomentari laporan ini.

Apple sudah memiliki Apple Map dan Google juga punya Google Map. Peta dan layanan navigasi telah menjadi aset utama bagi perusahaan teknologi karena konsumen semakin banyak mengadopsi smartphone dan perangkat mobile lainnya. Waze adalah menggunakan sinyal satelit dari smartphone anggota untuk menghasilkan peta dan data lalu lintas real-time, yang bisa dibagi oleh antar pengguna.

Waze, sudah berumur empat tahun. Banyak investor yang sudah menanamkan duitnya ke startup asal Israel ini. Total sudah ada US $ 67 juta dana di perusahaan ini. Investornya termasuk Kleiner Perkins Caufield & Byers, Blue Run Ventures dan perusahaan semikonduktor Qualcomm Inc. Waze memiliki 11 berbasis di Amerika Serikat. Sedangkan 89 karywan lainnya berkantor di Israel.

Jika berhasil menggaet Waze, maka ini akan menjadi akuisisi ketiga Facebook di Israel. sebelumnya Facebook membeli Snaptu pada 2011 untuk seharga US $ 70 juta dan Face.com sebesar US $ 60 juta setahun lalu. Facebook juga bisa bertepuk dada di depan Apple. Pasalnya Apple pernah ingin membeli Waze, namun gagal, sebelum Apple akhirnya membuat Apple Map.

"Banyak perusahaan-perusahaan ingin memiliki layanan pemetaan. Keuntungannya layanan ini bisa dipersonalisasikan ke dalam bisnis perusahaan," kata Raymond James analis dari Aaron Kessler.

Akuisisi ini bisa jadi akuisisi terbesar Facebook. September lalu, Facebook membeli Instagram, aplikasi berbagi foto. Facebook setuju untuk membeli perusahaan tersebut senilai $ 1 miliar dalam bentuk tunai dan saham. Namun harga sebenarnya yang dibayar 'hanya' US $ 715 juta karena harga saham Facebook yang menyusut.

Waze dan Facebook bermitra pada bulan Oktober 2012 ketika Waze merilis versi terbaru dari pemetaan sosial dan aplikasi lalu lintas. Dalam update itu memungkinkan pengguna untuk berbagi info lalu lintas mereka dengan teman-teman di Facebook mereka.

REUTERS | NUR ROCHMI

Terhangat:

Teroris | E-KTP | Vitalia Sesha | Ahmad Fathanah | Perbudakan Buruh

Baca juga:
Gerhana Matahari Lebih Jelas di Indonesia Timur
Ini Cara Mengamati Gerhana Matahari
Alex Ferguson Di-Mention 6 Juta Kali dalam 24 Jam
20 Mei, Yogyakarta Uji Coba Bus Listrik


http://www.tempointeraktif.com/hg/it/2013/05/11/brk,20130511-479506,id.html