Sabtu, 04 Mei 2013

Beranda » Awas, Virus Iron Man 3 dan Star Trek  

Awas, Virus Iron Man 3 dan Star Trek  

TEMPO.CO, Jakarta--Penggila dan penggemar film sains fiksi kini harus berhati-hati. Para penipu dunia maya memanfaatkan kemunculan sensasi dua film anyar Iron Man 3 dan Star Trek Into Darkness untuk mengelabui pengguna internet supaya mengunduh perangkat lunak berbahaya.

Security blog TrendLabs melaporkan bahwa mereka menemukan lebih dari seratus situs yang mengklaim menyediakan streaming atau unduh salinan bajakan film Iron Man 3 yang rilis baru-baru ini di bioskop.

Laman situs tersebut meminta pengguna untuk mengunduh dan menginstal pemutar video. Anehnya, proses mengunduh melalui torrent atau streaming file film bahkan secara ilegal tidak memerlukan sebuah pemutar video terpisah. Para penipu ini bisa dengan mudah menggantinya dengan malware. Dan mereka tidak benar-benar menyediakan film itu.

Yang lebih mengkhawatirkan adalah kenyataan bahwa sebagian besar situs-situs itu menggunakan penyedia blog gratisan yang terkenal dan terpercaya. Ini membuat pengguna internet lebih mempercayainya. TrendLabs juga menemukan bahwa separuh dari situs penipu ini menggunakan Tumbls, platform blogging terkenal untuk komunitas penggemar aktif.

Security blog ThreatTrack memiliki katalog beberapa contoh penipuan semacam ini. Termasuk dalam jejaring twitter seperti "Alice Eve menggoda Chris Pine di film baru Star Trek Into Darkness". Link yang menyertainya hanya akan membawa Anda ke halaman iklan game online multiplayer.

Ada lagi iming-iming film Star Trek untuk menipu agar Anda mengambil survei yang menghasilkan uang untuk poster. Bahkan lebih buruk lagi untuk mengunduh pemutar video tidak aman atau perangkat lunak lain yang mengakibatkan komputer Anda rentan terhadap malware.

Maka para penggila film sains fiktif berhati-hatilah dengan rupa-rupa iming-iming itu. Daripada komputer anda terkena serangan malware.

LIVE SCIENCE | ISMI WAHID

Topik terhangat:
Susno Duadji
| Ustad Jefry | Caleg | Ujian Nasional


Baca juga:

2182, Bennu si Asteroid Tabrak Bumi
Apple dan Samsung Tantang BlackBerry di Pentagon
Mahasiswa Ini Bikin Baterai dari Kaktus Centong
Para Jagoan Software Meretas hingga Luar Angkasa


http://www.tempointeraktif.com/hg/it/2013/05/05/brk,20130505-477977,id.html