Rabu, 17 April 2013

Beranda » Manusia Hobbit Ternyata Punya Otak Besar

Manusia Hobbit Ternyata Punya Otak Besar

TEMPO.CO, Jakarta -Hobbit, manusia kecil yang hidup di Pulau Flores sekitar 12 ribu tahun lalu, ternyata punya ukuran otak yang lebih besar dibanding perkiraan sebelumnya. Temuan ini menguatkan teori bahwa hobbit berkembang dari leluhurnya, Homo erectus.

Homo erectus sendiri diperkirakan telah berkembang menjadi spesies manusia di Afrika. Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of the Royal Society B ini mengungkap bagaimana lokasi dan lingkungan bisa berarti perbedaan antara individu yang terlihat seperti manusia dan individu seperti hobbit.

"Hobbit benar-benar pendek (sekitar 3 kaki 6 inci), lebih pendek dari manusia hidup yang sehat manapun," kata Yousuke Kaifu, seorang peneliti, sebagaimana dilansir dari Discovery News. "Kaki hobbit relatif lebih pendek dibanding lengan. Sejumlah peneliti berpikir mereka primitif," ujar Kaifu.

Kaifu, peneliti senior pada Museum Nasional Alam dan Pengetahuan di Tokyo, melakukan studinya yang dipimpin Daisuke Kubo dan Reiko Kono.

Ketiga peneliti tersebut menggunakan CT scan mikro beresolusi tinggi untuk mempelajari bagian otak pada tengkorak hobbit. Hasil pemindaian menemukan bahwa ukuran otak hobbit adalah 426 cc, berbeda dengan perkiraan sebelumnya yang menaksir sekitar 400 cc. Ukuran ini masih belum besar dengan otak standard manusia, tapi berukuran hampir sama dengan otak simpanse.

Meski begitu, perbedaan ini berarti adanya kemungkinan populasi Homo erectus berkembang untuk memiliki otak semacam itu. Penelitian sebelumnya mengatakan ada banyak sebab penyusutan yang bisa terjadi. Peneliti percaya Homo erectus, yang tinggal di pulau utama, terisolasi di Pulau Flores karena faktor yang disengaja atau tidak, misalnya karena badai. "Evolusi unik hobbit menunjukan bahwa mereka tidak bisa keluar dari pulau itu saat mereka berada di sana," kata Kaifu.

Dia menambahkan, teori populer menyatakan bahwa mamalia besar cenderung mengecilkan ukuran badan mereka dan mamalia kecil cenderung membesarkan badan mereka di pulau terisolasi karena kebutuhan energi.

DISCOVERY NEWS I AMIRULLAH

Topik Terhangat:
Lion Air Jatuh | Serangan Penjara Sleman| Harta Djoko Susilo | Nasib Anas

Baca juga:
EDISI KHUSUS Tipu-Tipu Jagad Maya
Sunah Rasul Hakim Setyabudi dan Gratifikasi Seks
Sopir Hakim Setyabudi Tak Tahu Suap Seks Bosnya
@SBYudhoyono Follow Artis-artis Ini


http://www.tempointeraktif.com/hg/iptek/2013/04/18/brk,20130418-474163,id.html