Rabu, 19 Januari 2011

Beranda » SERVIS TV SANKEN SYMPHONY SLIM

SERVIS TV SANKEN SYMPHONY SLIM

TV SANKEN SYMPHONY SLIM ini menggunakan IC tunggal TOSHIBA 8899CSCNG6UV2, IC Vertical STV 9378, TR HORISONTAL D5036 dan STR W6556A. Kerusakan tv ini :
  1. Gambar tidak penuh, bagian bawah layar ada warna hitam sekitar 2 cm.
  2. Suaranya hilang, untuk pertama dinyalakan suara tidak ada tetapi lama-lama kadang ada.
  3. Layar warnanya tidak normal, disetiap sudut layar ada warna merah.
Pertama saya buka terlebih dulu casing tv, kemudian bongkar mesinnya / mainboard dan bersihkan debu dan kotorannya. setelah semua bersih saya mulai mengamati kondisi mesinnya, secara kasat mata memang ada dua buah elco yang sudah mengembung. ukuran elco tersebut :
  1. 1000 mf 25 volt, terpasang dipower suplay untuk mencatu IC power ampli.
  2. 2200 mf 35 volt terpasang untuk output Vertical.
Untuk selanjutnya kedua elco tersebut lansung saya ganti, kemudian jangan lupa solder ulang semua titik yang kelihatan sudah retak. kemudian untuk mengecek semua tegangan kita nyalakan mainboardnya, ternyata setelah saya cek semua NORMAL, oke-oke saja.

Setelah pengecekan selasai kemudian saya pasang mainboard ke layar / tabung crt. Kemudian tv dinyalakan dan hasilnya GAMBAR LANGSUNG PENUH, SUARA pun langsung terdengar oke.
Kesimpulannya kerusakan tv ini cuma elco yang mengembung.
Untuk tampilan layar yang berwarna merah disetiap sudutnya cara mengatasinya dengan memakai magnet (bisa magnet bekas speaker) dekatkan magnet ke layar crt tarik perlahan satu arah berulang sampai warna merahnya hilang.

Semoga bermanfaat, dan salam kenal untuk rekan-rekan tukang servis, salam dari Banten.








www.isunuklir.blogspot.com