Selasa, 25 Januari 2011

Beranda » Cara Menyembunyikan Partisi

Cara Menyembunyikan Partisi

Pada postingan yang sudah-sudah saya memberikan beberapa cara untuk menyembuyikan file atau folder, disini akan saya beritahu cara menyembunyikan partisi atau drive pada Harddisk. Ada kalanya juga selain kita menginginkan file ataupun folder kita tersembunyi, kita juga tidak ingin isi data penting ataupun rahasia privasi kita pada Harddisk diakses oleh orang lain. Disini akan saya beritahu cara menyembunyikan Harddisk secara manual tanpa bantuan software, hanya memanfaatkan fasilitas command prompt. Sehingga Harddisk yang kita sembunyikan ini tidak akan tampil pada Explorer.


Berikut adalah cara menyembunyikan drive Harddisk pada Windows :
1. Pilih menu 'Start' >> klik 'Run'
2. Untuk masuk ke command prompt diskpart.exe dengan mengetikkan perintah diskpart lalu OK atau enter
3. Ketika jendela diskpart sudah terbuka, maka kita ketikkan perintah list volume untuk mengetahui semua partisi harddisk dan huruf drive letternya


4. Lalu mengetikkan perintah select volume pada harddisk yang akan kita pilih. Misalkan kita akan menyembunyikan partisi Harddisk data, maka kita mengetikkan perintah select volume 11.
5. Ketika sudah, baru kita mengetikkan perintah Remove letter. Misalkan yang saya sembunyikan partisi Harddisk data, maka yang saya tulis perintah remove letter L.


6. Selesai...

*Tenang saja, perintah ini hanya untuk menyembunyikan bukan menghapus. Sehingga harddisk yang telah kita sembunyikan bisa ditampilkan kembali. Untuk menampilkan kembali harddisk yang disembunyikan caranya sama dengan cara diatas, hanya saja pada cara ke-5 perintah yang kita ketikkan yaitu perintah assign letter. Misalkan yang saya sembunyikan partisi Harddisk data, maka untuk mengembalikan harddisk yang saya sembunyikan maka saya menulis perintah assign letter L.



Semoga Bermanfaat Buat Sobat...


www.isunuklir.blogspot.com