Jumat, 28 Januari 2011

Beranda » Printer Canon MP 145 Error E 3

Printer Canon MP 145 Error E 3


Salah satu kelemahan printet canon mp 145 adalah muncul error E3 di displaynya, Ini terjadi saat kita menekan print / copy, pada umumnya terjadi pada printer baru ( masih Garansi ). Ini terjadi akibat tidak mampunya penarik kertas bekerja dengan baik. Jadi kita telusuri bagian penarik kertasnya, dalam hal ini kita memeriksa bagian gearnya saja.

Syarat yg harus dipatuhi untuk memperbaiki printer tersebut adalah :
  1. Harus berani ambil resiko ( jika tidak sanggup setelah dibuka paling-paling dibawa ke service canternya aja )
  2. Harus mempunyai penglihatan yang jeli dan ingatan yang bagus ( agar setelah printer di bongkar , printer bisa dipasang kembali tampa kelebihan skrup )
  3. Harus Sabar dan hati-hati ( supaya saat membongkar printer tidak ada kabel yg jadi korban / putus )
Cara membongkar printer:
Tahap 1
Buka body printer dan lepasin sekrup-sekrupnya, juga pehatikan nop / body printer yg mempunyai klep pengunci
  
  
 
 
Lepaskan dahulu scanner bagian atas dan perhatikan kabel colokannya agar dilepas. Kabel scanner ada 3 pasang 1 kabel biasa 2 kabel fleksibel di tambah kabel ground. Setelah dilepas, kemudian bongkar body casing yang besar.

Tahap 2
Bongkar 1 unit tempat berjalannya cartrig ( plat kaleng beserta motor head & pcb ). Terdapat sekrup kiri dan kanan juga sekrup bagian atas yg panjang dan sekrup dibagian dalam pcb. Perhatikan kabel motor yang lengket agar dilepasin saat mengangkat plat kaleng tersebut.
  
 
Tahap 3
Setelah plat kaleng dilepas, baru bongkar bagian penarik kertasnya. Terdapat 3 sekrup yg mengunci penarik kertas tersebut. Tapi sebelumnya lepaskan dahulu penahan kertas beserta Per nya. Hati-hati jangan sampai Per nya melayang / terbang sast dibuka. Jangan lupa untuk melepaskan 2 buah selang pembuang tinta !!

Angkat 1 unit penarik kertas, di situ anda akan melihat bagian gear yg lepas.
Gear ini yg menjadi penyebab printer menjadi error E 3. Gear itu terdiri dari 2 buah gear yang digabungkan yg ditengahnya terdapat Per. Ke dua Gear dapat dilepas / dipasang menjadi satu, terdapat 2 bh klep pengunci. Waktu membongkar perhatikan Per nya jangan sampai terbalik. Agar klep pengunci tidak mudah lapas klep yg sudah dipasang diganjal dengan kertas. Pasang kembali Gear yg lepas ke posisi semula, ingat jangan terbalik.
  
 
  
 
Sesudah itu Pasang kembali printer yg anda bongkar seperti semula. Lalu coba dites print mudah-mudahan sudah ok..
Selamat mencoba !!


www.isunuklir.blogspot.com