Jumat, 28 Januari 2011

Beranda » Perbaiki Error 5c00 printer Canon iX5000

Perbaiki Error 5c00 printer Canon iX5000

Baru-baru ini,saya mendapt pengalman perbaiki printer Canon iX5000 yang menampilkan pesan eror 5c00 pada dekstop.Printer A3 berbody besar ini bekedip-kedip lampu hijau dan orange.Setelah dicari akar permaslahnya,alhamdllah ketemu juga apa yang masalah.Perlu dipahami,setelah printer dihidupkan ,maka printer akan mengecek beberapa bagian terutama bagian mekanik,motor dan pergerakan cartridge.Yang dilakukan printer pertama kali adalah mengecek creadle (pembersih cartridge) yang ditandai dengan gerakan maju mundur creadle(di bawah head).

Nah, printer iX5000 yang saya tangani kemaren,hal ini tidak terjadi,maka hal yang perlu dilakukan adalah :

1.Buka penutup printer dengan mencongkel bebrapa kait di samping kiri,kanan,belakang dan satu di depan bawah,hati2 jangn sampai patah,printer ini tidak ada baut untuk penutup,bagi yang sudah berpengalaman,cukup mudah melakukannya.

2.Buka baut yang menahan antara mesin dengan body printer bagian bawah.Kemudahan printer ini adalah,semua bagian printer bisa diangkat langsung karena menyatu.Perhatikan juga beberapa kabel,lepaskan port nya agar lebih mudah kita bekerja.

3.Perhatikan bagian yang diberi panah warna merah,itulah mesin creadle,lepaskan dengan hati2,agak rumit,tapi jika sudah faham cara kerjanya akan mudah.


4.Setelah terlepas,cek kinerja dari masing-masing gear,cek gear paling luar yang menghubungkan bagian ini dengan rotor/dinamo,disitulah letak permasalahannya.Lem saja pakai Alteco,tapis benarnya paling bagus diganti gear tersebut,namun spare part nya cukup susah dicari.


Demikian sedikit tulisan ini,begitulah cara kerjanya,kemungkinan masih banyak bagian lain yang rusak yang ditandai dengan eror 5c00 tsb.

Semoga Bermamfaat Buat Sobat....


www.isunuklir.blogspot.com