Sabtu, 29 Januari 2011

Beranda » TUTORIAL RESETTER PRINTER CANON PIXMA iP1200 iP1600 iP2200

TUTORIAL RESETTER PRINTER CANON PIXMA iP1200 iP1600 iP2200

Printer canon iP1200, iP1600, iP2200 merupakan satu software yang bisa dijalankan pada Windows XP. Salah penggunaan software akan menyebabkan seri printer berubah dan atau alamat data didalam EEPROM cacat (defect) dengan efek kegagalan inisialisasi pada saat pertama dinyalakan setelah reset dan atau nilai counter tidak valid.

Selain software tersebut juga perlu diperhatikan service manual untuk setiap seri untuk market asia. Apabila Anda seorang teknisi disarankan agar bisa menunjukkan hasil print out data EEPROM kepada user, sekaligus data "Setting Time" dapat digunakan sebagai acuan garansi, dan apabila "Setting Time" berubah berarti sudah dilakukan reset oleh pihak lain.

Sebelum menggunakan Software Resetter Printer untuk Canon tipe iP1200 iP1600 iP2200, pastikan dulu bahwa printer tersebut dalam keadaan blinking ( biasanya ditandai dengan blinking led 1x hijau 7x orange) atau pada layar komputer, pada waktu kita beri perintah print ada tulisan "Waste Ink Absorber Almost Full" atau "Waste Full Error. Ini mengindikasikan bahwa waste counter sudah lebih dari 100%, ini adalah kondisi terakhir setelah peringatan operator call error dengan kode lampu orange berkedip tanpa diselingi warna hijau sebanyak 8 kali.


Kenapa ini bisa terjadi ?
Sehabis proses head cleaning printer Anda tidak bisa nge-print? Tombol power dan tombol error menyala terus alias BLINKING. Jangan salahkan siapapun! Itu karena protection counter yang sedang menyelamatkan printer Anda, maksudnya protection counter tersebut memberitahu Anda bahwa tinta buangan dalam tangki penampungan sudah penuh.

Jika saja protection counter ini tidak memberitahu Anda maka tangki tinta pembuangan akan terus terisi ketika melakukan proses head cleaning dan penuh hingga membanjiri printer Anda dan kemungkinan printer Anda akan rusak total. Jadi akibat hal tersebut printer Anda tidak berfungsi dan tangki penampungannya harus di bersihkan/dikosongkan dahulu. Setelah itu Anda harus me-reset protection counter dengan bantuan software khusus.

Sayang sekali software untuk me-reset protection counter-nya tidak diberikan dalam paket penjualan printernya. Software untuk me-reset protection counter bisa Anda dapatkan.

Berikut ini adalah cara penggunaan Software Resetter Canon iP1200 iP1600 iP2200.

Sebelum menggunakan Software Resetter Canon iP1200 iP1600 iP2200, pastikan dahulu Driver Printer yang akan di reset telah terinstall, dan pastikan bahwa USB Printer terpasang dengan baik.


1. Cara bikin printer normal (reset sementara)

  • Lepas kabel power.
  • Tekan tombol power printer, pasang kembali kabel power (dgn aliran listrik) tanpa melepas tekanan pada tombol power printer.
  • Tekan tombol resume (di bawah tombol power) sebanyak 2 kali (tombol power jangan dilepas dulu).
  • Lepaskan tekanan pada power printer. Tunggu sampai lampu warna hijau dan tidak berkedip.
  • Printer telah NORMAL kembali ( untuk sementara, dan akan kembali blink bila kabel power/aliran listrik dimatikan/dilepas.)

2. Untuk jalankan program. (reset permanent)


  1. Pastikan Software Resetter Canon iP1200 iP1600 iP2200 telah Anda miliki dan berada pada komputer Anda,
  2. Pasang kertas sebanyak 3 lembar untuk hasil TEST PRINT
  3. Buka Folder Software Resetter Canon iP1200 iP1600 iP2200 yang ada pada komputer Anda dan buka file General Tool.
  4. Pilih USB pada menu USB PORT disebelah kanan atas. (Point 1)
  5. Centang / klik pada kolom EEPROM CLEAR. (Point 2)
  6. Pada Menu SET DESTINATION, klik dan pilih iP1200 atau iP1600 atau iP2200 sesuai dengan tipe printer yang akan direset (bila pilihan SET DESTINATION tidak aktif langsung ke menu CLEAR WASTE INK COUNTER klik MAIN dan PLATEN). (Point 3)
  7. Pada Menu CLEAR WASTE INK COUNTER pilih MAIN. (Point 4)
  8. Pada Menu CLEAR WASTE INK COUNTER pilih PLATEN. (Point5)
  9. Pada Menu TEST PRINT pilih TEST PATTERN 1. (Point6)
  10. Pada Menu TEST PRINT pilih TEST PATTERN 2. (Point7)
  11. Pada Menu TEST PRINT pilih TEST PATTERN 3. (Point8)
  12. Setelah selesai hasil test Print, matikan printer dan cabut kabel power printernya untuk penyimpanan reset data EEPROM pada printer
  13. Pasang kembali kabel power dan hidupkan printer. Tunggu sampai printer selesai initialing dan.....printer tidak ngeblink lagi

ERROR BLINKING LED Canon iP1200 iP1600 iP2200
Error Blinking Orange Canon iP1200 iP1600 iP2200
  1. 2x No paper
  2. 3x Paper jam
  3. 4x No ink
  4. 5x The ink cartridges are not properly installed, or a non-supported ink cartridge is installed
  5. 7x Ink cartridge not installed
  6. 8x Waste ink absorber full or platen waste ink absorber full warning (approx. 95% of the maximum capacity)
  7. 14x Non-supported ink cartridge installed
  8. 16x Used ink cartridge installed, or no ink

CANON PIXMA iP1200
Canon Pixma iP1200 memang ditujukan untuk pengguna rumahan yang memperhatikan budget. Tapi meskipun diluncurkan dengan harga meriah, bukan berarti iP1200 tidak dapat diandalkan, meskipun tentu saja tidak bisa disejajarkan dengan printer di kelas lebih tinggi.

Desain 
Pixma iP1200 hadir dalam desain yang sederhana dan anggun. Ukuran kertas maksimal sebesar A4 tentu saja memungkinkan Anda mencetak foto selebar A4. Tetapi dengan demikian, dapat dikenali bahwa iP1200 bukan printer yang dikhususkan untuk mencetak foto. Feeder untuk memasukkan kertas juga terletak pada posisi seperti pada umumnya printer inkjet di kelas ini. Dan jangan lupa, sisakan tempat dihadapan iP1200 pada meja Anda untuk menampung kertas hasil cetakan. Tentu Anda tidak menginginkan foto hasil cetakan Anda kotor dan kusut bukan?

Desain yang sederhana ini juga memudahkan Anda untuk meletakkan iP1200 pada meja kerja Anda. Karena selain ukurannya sebesar 435 x 249 x 165 mm dan desainnya yang tidak merepotkan ketika digunakan, iP1200 tidak akan menghabiskan space meja kerja Anda.

Fitur
Desain sederhana pada Canon Pixma iP1200 diimbangi dengan kemudahan pengoperasian. Kabel koneksi hadir dalam 2 macam, yaitu: 1 kabel untuk menghubungkan printer ke sumber listrik dan 1 lagi untuk menghubungkan printer ke PC yang berupa sambungan USB.

Selain kabel-kabel koneksinya yang tidak merepotkan, iP1200 hanya menghadirkan 2 tombol pada body-nya. Satu untuk On/Off, satunya lagi untuk membebaskan Anda dari masalah kertas nyangkut yang menyebalkan. Tentu saja tombol ini akan membebaskan kertas Anda juga. Meskipun iP1200 dapat digunakan untuk mencetak foto, tapi iP2100 tidak menyediakan koneksi untuk cetak langsung dari kamera digital atau ponsel. Anda tetap harus menggunakan PC untuk melakukan cetak jenis apapun.

Kinerja
Canon Pixma iP1200 yang hadir dengan teknologi bubble-jet dilengkapi dengan fitur teknologi cetak yang sudah dipatenkan oleh Canon, yaitu FINE (Full Photolithography Inkjet Nozzle Engineering). Dengan teknologi unggulan dari Canon ini, kualitas cetak yang dihasilkan tidak akan mengecewakan penggunanya. Ditambah dengan reputasi Canon untuk printer inkjet-nya yang masih mendominasi pasar printer inkjet.

Hadir dengan resolusi 4800 dpi, Pixma iP1200 sanggup menghasilkan hasil cetakan yang halus. Tidak hanya pada cetak monokrom, tetapi pada cetak warna sekalipun. Kecepatan cetak sebanyak 11 halaman per menit dapat dikatakan lumayan cepat untuk sebuah printer di kelas iP1200. Sementara untuk mencetak selembar foto berukuran 4R, iP1200 membutuhkan waktu kurang lebih 75 detik


www.isunuklir.blogspot.com