Jumat, 28 Januari 2011

Beranda » Belajar Bahasa Inggris Mandiri melalui software Readplease 2003

Belajar Bahasa Inggris Mandiri melalui software Readplease 2003

Jika kita amati, paling sedikit selama 9 tahun orang Indonesia belajar bahasa inggris di bangku sekolah. Lama waktu belajar 9 tahun itu diperoleh dari; 3 tahun belajar bahasa inggris di SD, 3 tahun belajar bahasa inggris di SMP dan 3 tahun belajar bahasa inggris di SMU atau SLTA. Malah ada yang waktu tempuh belajar bahasa inggris nya selama 12 tahun, itu dikarenakan ada SD yang memberikan pelajaran bahasa inggris nya sudah dimulai sejak kelas 1 (satu). 

Jadi untuk SD tersebut waktu yang dipakai untuk belajar bahasa inggris saja sudah 6 tahun. Belum lagi sekarang ada tren SD internasional di beberapa daerah di Indonesia di mana bahasa inggris, katanya, menjadi bahasa pengantar di sekolah tersebut dalam proses belajar mengajar, ada juga SMP RSBI, yang konon katanya, bahasa inggris juga menjadi bahasa wajib sebagai pengantar dalam proses belajar mengajar di sekolah jenis seperti itu. Ada juga SMU RSBI yang pola belajar mengajar nya sama dengan SMP RSBI, di mana bahasa inggris menjadi andalan.

Milihat upaya pemerintah yang luar biasa seperti itu tentu disertai tujuan luhur agar bangsa Indonesia tidak ketinggalan dengan Negara lain. Tetapi kalau melihat hasil dari belajar bahasa inggris nya, kususnya penguasaan bahasa inggris, kemudian dibandingkan dengan waktu tempuh belajar serta upaya pemerintah seperti yang dipaparkan di atas, tentu masih belum sebanding, karena waktu 9 atau 12 tahun belajar bahasa inggris adalah bukan waktu yang sebentar, dan upaya pemerintah yang luar biasa itu, yaitu membentuk sekolah sekolah di mana bahasa inggris dijadikan bahasa pengantar di sekolah itu, tentu hal itu bukan tanpa biaya yang sedikit.

Wah, ma’af ulasannya kok yang jelek-jelek. Maksud saya begini, sebenarnya kekurangsuksesan itu hanya pada penggunaan bahasa inggris secara lisan dan orang-orang Indonesia kebanyakan lemah dalam memahami bahasa inggris lisan atau lemah dalam listening, kira-kira begitu. Itulah kenyataan yang tidak bisa dipungkiri dari hasil belajar kita, khususnya bahasa inggris. Sebenarnya hasil dari belajar bahasa inggris kita tidak sepenuhnya gagal. Karena dalam memahami text tulis bahasa inggris, kita banyak yang mahir atau banyak yang tahu. Kalau begitu sebenarnya, upaya berikutnya tinggal membiasakan menggunakan dan mendengar bahasa inggris itu dengan dan dari penutur aslinya. Cuma upaya terahir itu yang mungkin sulit dicapai.

Sekali lagi ma’af kalau pandangan saya di atas banyak salahnya. Tetapi jika mungkin ada sedikit benarnya, saya punya tips ringan untuk mengatasi masalah di atas, yaitu belajar bahasa inggris mandiri tanpa guru, dimana peran guru digantikan dengan software gratisan yang bisa dipakai oleh semua orang dengan tanpa beli, nama software nya adalah Readplease 2003.

Dengan program ini software yang berperan sebagai guru itu, dapat bertutur seperti penutur asli dari inggris sana. Adapun materi belajar, kita sendiri yang menentukan. Intinya belajar dengan software ini adalah membiasakan telinga kita mendengar bahasa inggris yang diucapkan oleh penutur bahasa inggris asli, yang mana apa yang diucapkan penutur asli dalam software itu kita ketahui tulisannya, sehingga mudah bagi kita mengerti maksudnya.

Mungkin yang saya sampaikan itu sudah basi, karena software yang saya ceritakan tersebut sudah banyak dikenal orang, Cuma mungkin belum digunakan secara maksimal. Namun demikian tidak ada jeleknya kalau saya ceritakan kembali, terutama informasi ini saya tujukan kepada yang belum sempat mengenalnya. Tapi memang harus kita sadari bahwa belajar dengan model apapun modalnya adalah semangat – semangat dan semangat.

Bagi yang ingin menggunakan software tersebut untuk belajar bahasa inggris, silahkan download dulu software nya di sini.


Di dalam software yang anda download nanti tidak ada keterangan cara install sama sekali, maka saya sarankan anda menyimpan article ini di computer anda dulu. Selanjutnya ikuti cara install nya sebagai berikut:

1. Buka Readplease 2003 yang sudah anda download, kemudian Extrax Filenya. Maka anda akan mendapatkan sebuah folder dengan 4 buah files di dalamnya, antara lain:
  • rp
  • setupreadplease2003
  • Rpp_2003_crk
  • lhttseng
2. Install Program readplease 2003 di computer anda dengan doble Klik pada file SetupReadplease2003. Kemudian ikuti perintah lanjutannya, tinggal klik Next - Yes - Next - Next - Next - sampai - Finish.

3. Setelah Proses Instalasi Selesai, anda bisa menambah program bahasa yaitu bahasa inggris versi British atau British English dengan menginstall lhttseng. Ini hanya pilihan, Karena jika dia tidak diinstall pun, readplease 2003 sudah memuat bahasa inggris versi America atau American English.

4. Sebelum anda jalankan program Readplese, Copy dulu file Rpp_2003_crk dan letakkan di folder readplease 2003, hasil dari instalasi tadi, yang berada di program files. Setelah itu jalankan file Rpp_2003_crk yang baru anda copy tadi, dengan doble clik pada file tersebut. Maka jika muncul kotak dialog, klik saja OK.

5. Di dalam folder readplease 2003 yang berada di Program files, anda akan menjumpai 2 program Readplease, yaitu: ReadPlease 2003 dan ReadPleasePlus 2003. Ada pun ReadPlease 2003 bisa digunakan selamanya, sedangkan ReadPleasePlus 2003 hanya bersifat uji coba selama 30 hari jika tidak diregistrasi. Tapi jangan cemas, anda sudah mengcopy file crack Rpp_2003_crk dan menjalankannya bukan? Program crack itulah yang akan anda pakai untuk mencari nomor registrasi. Caranya; ikuti langkah berikutnya.

6. Selanjutnya jalankan ReadPleasePlus 2003, maka akan muncul kotak dialog dimana anda harus melakukan Registrasi, Isikan pada :

- Registration Name : silma
- Registration Code : 607578171979603

kemudian klik Register, lalu OK. Jika anda mepakai nama dan nomor registrasi itu, selesai sudah dan readplease sudah bisa digunakan. Namun demikian Jika anda ingin meregistrasi dengan mengisi dengan nama anda sendiri, isikan saja nama anda lalu klik register, maka anda akan diberi nomor registrasi. Catat nomor tersebut dan isikan pada Registration Code, langkah selanjutnya sama seperti di atas. Maka Readplease Plus 2003 anda telah full Version, itu berarti Readplease Plus 2003 anda dapat digunakan tanpa batas waktu.

7. Adapun cara menggunakan program readplease 2003 tersebut adalah;
  • Siapkan speaker aktif sebagai alat untuk mendengar suara.
  • Jalankan readpleaseplus2003. selanjutnya akan muncul kotak program seperti gambar di bawah ini.



Keterangan:
  1. Di dalam Kotak Putih : Ketikkan atau copy kata atau kalimat bahasa inggris di dalamnya.
  2. Play : Untuk memulai membaca yang diawali dari paragraph dimana kursor berada.
  3. Top : Untuk memulai baca dari paragraph paling awal.
  4. Speed : Kecepatan baca. Bisa diatur sesuai selera.
  5. Font Size : untuk mengatur besarnya font kalimat yang ada pada Kotak Tulisan
  6. Gambar Tutor : Pilih Tutor atau guru yang anda inginkan, ada laki-laki dan perempuan dan sekaligus dipakai untuk memilih versi bahasa inggris nya. Bisa pilih bahasa inggris versi amerika yang terkenal dengan nama American English atau bahasa inggris versi British yang terkenal dengan nama British English.
Demikian penjelasan mengenai bagaimana belajar bahasa inggis mandiri dengan menggunakan software readplease 2003 tanpa panduan guru. Selamat mencoba belajar bahasa inggris mandiri. Semoga sukses.


www.isunuklir.blogspot.com