Selasa, 25 Januari 2011

Beranda » Laptop Tidak Bisa Shutdown

Laptop Tidak Bisa Shutdown

Mengapa komputer tidak bisa shutdown? Itu pertanyaan yangsangat sering muncul baik bagi pengguna laptop maupun pengguna desktop. Dalambeberapa kasus persoalan laptop tidak bisa shutdown meninggalkan pesan kepadauser. Namun dalam kasus lain, tidak ada pesan apa-apa. Yang terjadi adalahlaptop tidak merespon perintah shutdown yang kita rekomendasikan. Mengapalaptop tidak bisa shutdown, inilah kemungkinan masalahnya (dalam contoh inisaya menggunakan laptop Sony VGP-BPS9);

1. Alasan perangkat keras komputer. Tidak didukungmotherboard BIOS ACPI, yang diusulkan upgrade BIOS motherboard, umumnya dapatdiselesaikan.

2. Perangkat lunak komputer penyebab. Catatan di bawah inidapat menyebabkan komputer gagal melakukan shutdown, Anda bisa mulaimengurutkannya berdasarkan file Bootlog.txt dalam computer di bawah direktoriroot ditunjukkan dalam kasus ini, untuk mengetahui alasan:
- Terminate = Unload Network can not load the networkdrivers of conflict;
- Terminate = RIT sound card or some of the old mouse driverand timer-related problems;
- Terminate = WIN32 some 32-bit applications locking up thesystem thread;
- Terminate = Query Drivers Driver problem;
- Terminate = Reset Display graphics card driver settings ordisplay problem

3. Periksa Manajemen Power Advanced (APM). Klik [Start], danklik lagi [Control Panel]. Dalam Control Panel, klik [Performance andMaintenance], kemudian klik [Power Options]. Klik tab [APM]. Beri tanda centangpada [Enable Advanced Power Management Support] kemudian klik [OK]. (Ini untukwindows XP)

4. Nonaktifkan Fast Shutdown. Klik [Start] dan pada kotakstart search masukkan “msconfig” dan tekan [Enter], kali ini akan munculjendela [System Configuration Utility]. Click “Order” Page, kemudian klik[Advanced] pilihan jendela yang muncul saat ini adalah [advancedtroubleshooting settings], pilih [disable fast shutdown]. Jika komputer sudahdapat dimatikan dengan benar, hal itu menunjukkan masalah yang dialami tadinyaadalah fast shutdown.

5. Periksa apakah telah menutup semua aplikasi Andamelakukan proses shutdown. Jika tidak Anda harus menutup dulu semuaapplications. Ini disebabka beberapa aplikasi mungkin tidak mengisinkanshotdown ketika masih terbuka, dan mengakibatkan kegagalan shutdown.

6. Menggunakan browser IE, sumber daya intensif. Bila Andamenggunakan IE 5 atau yang lebih tua yang lebih lambat, Anda harusmemperhatikan koneksi ke Internet, ketika masih jalan sering membuat sistemgagal shutdown, ini sering terjadi juga pada dell inspiron 6000. Putuskan duluhubungan internet dengan pasti.

7. Beberapa software tambahan mungkin akan melakukanbeberapa operasi pada sistem data atau sistem file dan mempengaruhi kemudianmenyebabkan shutdown tidak normal.

8. Beberapa BUG program atau beberapa perangkat lunak 16-bitjuga dapat merusak memori data sistem atau file. Memori yang digunakanperangkat lunak dapat dengan mudah menimbulkan konflik, sehingga sistemabnormal shutdown. Cari masalah perangkat lunak ini, tetapi ini tidak mudah,pilih [Start>program>Annex>System Tools>System Information], buka[Microsoft System Information] dan pilih [Tools>System ConfigurationUtility] dapat diatur untuk memperbolehkan atau melarang” mulai “di beberapaaplikasi program.

Ini sifatnya kasuistik dan mungkin berbeda dengan laptopAnda, tetapi paling tidak bahwa sudah ada bayangan penyebab masalahnya walaupunpada laptop yang berbeda.


www.isunuklir.blogspot.com