Rabu, 12 Januari 2011

Beranda » Cara Menggunakan Twitter

Cara Menggunakan Twitter

twitter Cara Menggunakan Twitter | Tips Trik Twitter
Beikut ini adalah tutorial cara menggunakan Twitter, serta tips dan trik menggunakan twitter. Cara paling mudah menggunakan Twitter adalah mengenal apa itu Twitter? dan simbol serta istilah-istilah di Twitter. Pastinya tips ini bukan untuk mereka yang sudah mahir, tips ini bagi sobat yang mingkin baru saja bersentuhan dengan jejaring sosial yang satu ini, mungkin karena sibuk, belum mood, dan sebagainya.

Ok langsung saja, Twitter tidak jauh beda dengan Facebook dan situs jejaring sosial ( Social network) lainya, yaitu bertujuan untuk saling berbagi informasi untuk semua. Di Twitter kita hanya bisa membuat status sebanyak 140 karakter / kata, jadi harus pintar-pintar memilih kata, ada baiknya di singkat yang penting bisa dan mudah di pahami. Sebelum melangkah lebih jauh bagi yang belum punya account Twitter silahkan daftar di sini. 

Bagi yang sudah punya namun masih binggung ada baiknya kita mengenal istilah-istilah dalam Twitter di bawah ini agar tidak bingung.

ISTILAH dan SIMBOL di Twitter
twitter Cara Menggunakan Twitter | Tips Trik Twitter
Bagi yang masih baru menggunakan Twitter  ada istilah-istilah yang harus dipahami. Kita mulai dari istilah Tweet apa itu Tweet ? Tweet adalah sebutan untuk untuk situs twitter. Ada juga istilah tweeple atau tweep, maksudnya adalah pengguna Twitter.

  • Follower: adalah orang yang mengikuti kita dan merekaakan menerima setiap pembaharuan status  yang kita lakukan. Hampir samadengan status di Facebook.
  • Following: artinya orang yang kita ikuti, dan kita akanmenerima setiap update status yang dia lakukan.
  • Reply: balasan. Untuk melakukan balasan, cukup klik‘Reply’ yang terletak persis dibawah kotak pengisian tweet. Artinya kita akanmembalas atau merespon status orang tersebut.
  • ReTweet: men-tweet ulang statusorang lain atau menerbitkan status orang tersebut di status kita. Hal inidilakukan dengan berbagai alasan mungkin untuk mengomentari statusnya tersebut,atau sekadar mempublikasikan ulang statusnya tersebut karena statusnya menarikatau memberi inspirasi dan bermanfaat buat folower kita.
  • Direct Message:sering pula disebut DM,adalah pesan personal, seperti message di Facebook. Pesan ini tidakterpublikasikan di timeline (wall kalau di Facebook), jadi hanya kita saja yangbisa membacanya.
  • Trending Topic:topik/isu yang lagi hot atau sedang hangat dan ramai dibicarakan orang.
  • Favoritesdipakai untuk menyimpan tweet tertentu yangdiinginkan (karena kita sukai tentu saja).


SIMBOL di Twitter
  • @ adalah simbol yang ditulis didepan nama pengguna lain agar tweet yang dimasukkan diterima oleh pengguna tersebut atau untuk share status kita pada nama pengguna yang kita beri simbol. Sobat  bisa berinisiatif menggunakan simbol ini pada sahabat, partner, atau rekan bahkan folower kita,  sehingga mereka akan menerima tweet kita. Simbol ini juga secara otomatis akan terpakai jika sobat akan me-reply tweet seseorang.
Contoh pemakaian:
@Fandy Have a nice day bro!
@Vivanews Ini beritanya manteb banget, cekidot ahh..!!!
bisa juga seperti ini
Have fun malem mnggu ma @Rangga  jgn lpa bngkus gak pake cabe.!!
@nytimes: India Tightens Tourist Visa Rules http://bit.ly/7StSRO
  • # (disebut hash tag) adalah simbol yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik sejenis yang ditulis oleh orang lain.
Contoh pemakaian:
#masakecilkurangbahagia ngantri di dufan, kepanasan bareng @Narji narsis abis
@NajwaShihab: Hd nice chat with Luna Maya. Curhat soal twitter & infotainment : ) Watch lengkapnya di #matanajwa http://tweetphoto.com/7001611
  • RT adalah simbol untuk istilah ReTweet. Dengan menggunakan simbol RT berartisobat menerbitkan ulang tweet orang lain dalam profil kita sendiri dan biasanya diikuti dengan nama orang yang membuat tweet pertama kali.
Untuk melakukan retweet, caranya sangat sederhana. Dibawah setiap tweet seseorang, pasti ada tombol ReTweet. Nah, klik saja tombol tersebut, maka tweet secara otomatis akan muncul di profil kamu, dengan format RT @pemilik_tweet [isi tweet]. Contoh: RT @DuniaKomputer trik untuk mengakali RTO (request time out) http://bit.ly/aHjKO
Disamping itu, kamu juga bisa menggunakan RT ketika memberikan komentar terhadap tweet seseorang. Dalam hal ini, kamu memakai RT untuk mengingatkan bahwa komentarmu itu terkait dengan tweet yang kamu RT (soalnya di Twitter tidak ada komentar yang tersusun secara threaded kayak di Facebook). Contoh: Coba kau petik satu, mungkin salah satu diantaranya adalah aku hehe.. RT @khalid Hari ini aku melihat banyak bintang.
  • OH (singkatan dari OverHeard) adalah simbol yang kita pakai untuk menuliskan tweet milik orang lain pada status kita tetapi kita tidak ingin mencantumkan siapa yang menuliskannya. Jadi, OH sama dengan RT, cuma nggak dicantumkan penulis tweet-nya. OH ditulis di depan tweet yang ingin kita masukkan.
Contoh pemakaian: OH Inidia foto hot n macho pemain bola dunia
  • HT (singkatan dari HeardThrough) adalah simbol yang kita pakai untuk menuliskan tweet berdasarkan sesuatu yang kita dengar dalam kehidupan nyata. HT ditulis di depan tweet yang ingin kita dimasukkan.
Nah itulah beberapa istilah dan simbol dalam Twitter dan bagai mana cara menggunakannya. Dengan memahami istilah tersebut maka sobat pasti akan mengerti dan mahir Bagaimana Cara Menggunakan Twitter dengan baik dan Benar.

Cara Menambah Teman / Mencari Teman di Twitter
Bagaimana cara mencari dan menemukan akun teman di Twitter dan mengikutinya (follow). Caranya adalah dengan:
  • klik Find People.
Hide%20Friends%20on%20Facebook%201 Cara Menggunakan Twitter | Tips Trik Twitter
  • Ada empat pilihan. Pertama, Browse Suggestions (melihat saran Twitter mengenai orang terkenal, ahli atau pakar di bidang yang kita sukai, misalnya Entertainment.
  • Jika kita “mengikuti” orang, tweet orang tersebut akan muncul di halaman Home Twitter kita.
  • Kita bisa mengikuti (follow) dan berhenti mengikuti (unfollow) orang ini kapan saja.
How%20to%20use%20twitter%20basics%203 Cara Menggunakan Twitter | Tips Trik Twitter
  • Kedua, Find Friends (menemukan teman atau kontak di email yang sudah memakai Twitter dengan memberi Twitter akses ke email Gmail, Yahoo atau Aol milik kita).
  • Ketiga, Invite by email, (undang teman-teman ke Twitter memakai e-mail mereka), dan
  • Keempat, Find on Twitter (temukan orang, organisasi atau perusahaan yang sudah ada di Twitter dengan menggunakan nama pengguna (user name) mereka). Klik Search untuk memulai pencarian.
How%20to%20use%20twitter%20basics%202 Cara Menggunakan Twitter | Tips Trik Twitter

Saya rasa cukup sampai di sini dulu tutorial Bagaimana Cara Menggunakan Twitter serta tips dan triknya. Semoga Artikel ini bermanfaat buat sobat semua.


www.isunuklir.blogspot.com