Selasa, 25 Januari 2011

Beranda » Widget Total Posts dan Total Comments

Widget Total Posts dan Total Comments

Kadang baik kita sebagai pemilik blog maupun pengunjung blog kita ingin mengetahui berapa banyak postingan yang sudah dipublikasikan dan total komentar untuk semua postingan tersebut. Sebagai pemilik blog, kita tentu ingin menampilkan seberapa banyak postingan yang sudah kita publikasikan dan seberapa banyak komentar yang sudah kita dapatkan. Karena, semakin banyak kita mendapatkan keduanya maka akan semakin menunjukan eksistensi blog kita.

Sebagai pengunjung blog, kita juga akan mendapatkan semacam suggesti jika semakin baik dalam arti semakin banyak jumlah postingan dan jumlah komentar untuk semua postingan dalam sebuah blog, maka kita dapat menyimpulkan jika blog yang sedang kita kunjungi tersebut adalah blog yang eksis dan berkualitas.


Memang tidak ada standar baku yang menentukan batas berapa total posts dan total comments sebuah blog agar blog tersebut dinyatakan bagus, atau dengan melihat perbandingan di antara keduanya. Karena semua ini sifatnya hanya suggesti dan pelengkap.

Bagaimana cara membuat widget total posts dan total comments ini?

  1. Pertama, masuk ke dalam akun blogger kita masing-masing.
  2. Klik fitur rancangan.
  3. Klik tambah gadget.
  4. Pilih HTML/JavaScript.
  5. Masukan kode di bawah ini:

<center><script style="text/javascript">
function totalPosts(json) {
document.write('Total Posts: <b>' + json.feed.openSearch$totalResults.$t + '</b><br>');
}
function totalComments(json) {
document.write('Total Comments: <b>' + json.feed.openSearch$totalResults.$t + '</b><br>');
}
</script>
<script src=" /feeds/posts/default?alt=json-in-script&callback=totalPosts"></script>
<script src=" /feeds/comments/default?alt=json-in-script&callback=totalComments"></script></center>

Klik simpan dan selesai.

Nah, sekarang dalam bagian sidebar kita akan terdapat sebuah widget yang menampilkan total posts dan total comments dari blog kita secara keseluruhan. Mungkin bagi sebagian blogger widget ini kurang bermanfaat. Akan tetapi, untuk blog yang berkonsep news, review, opini, widget ini akan bermanfaat untuk menunjukan seberapa eksist blog yang kita miliki berdasarkan jumlah postingan yang sudah kita publikasikan dan jumlah umpan balik berupa komentar yang diberikan oleh pembaca.

Semoga Berguna Buat Sobat...


www.isunuklir.blogspot.com