Selasa, 18 Januari 2011

Beranda » TV LG GAMBARNYA HANYA RASTER

TV LG GAMBARNYA HANYA RASTER

Tv merk LG SOUNDMAX PLUS model CF-20G60K dengan IC Prosesor TDA 9381PS, IC memory 24c16, Ic vertikal LA 7840 dan STR F6654. Tv tersebut di bawa ke meja tugas saya dengan kerusakan gambarnya hilang semua yang ada hanya rasternya saja,





Sebelum TV saya bongkar terlebih dahulu dinyalakan untuk mengetahui tanda-tanda kerusakan secara detail. dan memang benar setelah TV tersebut menyala hanya raster saja yang nongol ( gambar kepyur alias banyak semutnya). saya coba pasang antena, ada gambar tetapi cuma bayang-bayang hitam tidak jelas, kemudian masuk ke menu Preset dan di auto search ternyata chanel juga terisi semua,akan tetapi seperti tersebut diatas gambarnya cuma bayang- bayang hitam

Informasi yang saya dapatkan dari yang punya TV katanya sebelum gambar hilang, remotnya dibuat mainan lalu di layar TV keluar menu dengan banyak itemnya. ( untuk analisa saya: kemungkinan TV tersebut data seting eeprom nya berubah atau eror atau datanya korup).

Untuk mengatasi masalah tersebut terlebih dahulu masuk ke Service Mode, dengan remote yang bukan aslinya, saya berusaha men-sermod TV tersebut dengan cara:
  • Menekan tombol OK di remot dan oke di TV secara bersamaan dan di tahan untuk beberapa detik, atau
  • Menekan tombol Menu di remot dan Menu di TV secara bersamaan dan tahan untuk beberapa detik, atau
  • Tekan tombol menu di panel 2 kali dan tahan, secara bersamaan tekan tombol menu di remot, atau sebaliknya.
Akan tetapi setelah 3 langkah tersebut saya lakukan ternyata tidak berhasil masuk ke menu servis, saya berfikir mungkin karena remote yang dipakai adalah remot universal. Tetapi saya tidak berhenti sampai disitu, saya berusaha mencari remot untuk TV LG dan akhirnya remot saya dapatkan ( kode remotnya 6710v00090D). kemudian saya coba lagi masuk menu servis mode dengan langkah tersebut diatas, tetapi lagi-lagi tidak membuahkan hasil.

Sebelum memutuskan mengganti komponen, terlebih dahulu saya cek semua tegangan B+ dkk, hasil pengukuran tegangan normal semua. kemudian saya lanjutkan pengukuran ke pin-pin IC TDA 9381 PS, disitu terukur tegangan normal juga dan yang ke bagian tuner juga tidak masalah.





Dengan pertimbangan yang tersebut diatas akhirnya saya putuskan untuk mengganti IC eepromnya.
Cara mengganti IC Eeprom TV LG SOUNDMAX Plus adalah:
  • Dalam keadaan TV off cabut IC 24C16 dari mainboard.
  • Pasang IC yang baru (kosong) dengan tipe yang sama yaitu 24C16.
  • Nyalakan mainboard / mesin TV dengan menekan tombol main switch / tombol Power utama dan tunggu sampai lampu indikator menyala / standby.
  • Tekan tombol Ch + atau P+ ( setelah menekan tombol p+, TV akan menyala dan akan terlihat rasternya)
Setelah TV bisa menyala kembali, saya segera masuk ke menu Preset/Program, untuk memprogram ulang chanelnya. dan setelah dilakukan Auto Search gambarnya bermunculan. Tv pun bisa kembali normal kembali.

Catatan:
  •  setelah penggantian ic eeprom,  ternyata saya tidak perlu lagi merubah seting V size-nya, karena saya lihat ukuran gambar sudah pas.
  • untuk cara pasang Ic eeprom/memori tTV LG ini hampir sama dengan cara mengganti ic memory untuk beberapa merk tv cina (tentu beda dengan merk "SHARP")
Dan untuk rekan rekan pembaca yang budiman, rekan-rekan master TV tolong dikoreksi kalau ada kesalahan dan ditambahkan kalau ada kekurangan, Trima-kasih dan semoga ada manfaatnya.


Sumber : http://jm-electro.blogspot.com/2012/06/tv-lg-gambarnya-hanya-raster.html


www.isunuklir.blogspot.com