Rabu, 19 Januari 2011

Beranda » Tips Menambah Kolom Pada Template

Tips Menambah Kolom Pada Template


Kolom template blogger cuma sedikit itu bukan suatu masalah yang besar dan jangan membuat sobat putus asa karena kekurangan kolom lantas gulung tikar dan ogah menjadi blogger karena masih ada solusinya. Masalah kekurangan kolom banyak dialami para sobat yang lain termasuk saya sendiri tapi itu tidak membuat saya putus asa. Mencoba dan mencoba itulah yang saya lakukan hingga akhirnya bisa membuat dan menambah kolom pada template blogger sebanyak yang saya suka.

Nah untuk sobat yang mempunyai masalah seperti yang saya sebutkan di atas sobat tidak usah bingung karena sobat bisa membuat ataupun menambah kolom pada template blogger sebanyak yang sobat suka asalkan lebar dari template sobat mencukupi dan yang terpenting adalah tampilan dari template sobat tidak rusak itu saja.

Untuk menambah kolom pada template sebenarnya tidak serumit yang sobat bayangkan, asal ada kode Css dan kode pemanggil kode Css sudah beres.
Misalkan sobat mau menambah kolom di bagian bawah template tinggal buat kode Css nya dulu yang nantinya diletakkan di atas kode ]]></b:skin>, sebagai contoh lihat kode di bawah ini:

/* Kode Css Kolom Di bawah Template */

 #bottom  width: 660px; /* lebar kolom */ position: relative;clear:both;> margin: 0 auto; color:#333333; float: left;  background:#F2F2F2 repeat-x;  padding: 0;  }  #bottom a:visited{ color:#DF7F3B;  text-decoration:none;  }  #bottom a:hover{   text-decoration:underline; }  #bottom h2 {  background: #000000; > color: #ffffff;  text-transform: capitalize;  margin: 0 0 10px;  padding: 6px 0 6px 7px;  font-family:Arial, Tahoma, Verdana ;  font-size:14px;  line-height:1.5em;  letter-spacing:0;  }  #bottom ul {  padding: 0;  margin: 0;  }  #bottom ul li {  line-height: 26px;  list-style-type: none;  border-bottom: 1px dashed #031c5d;  }  #bottom1 {   width: 960px  float: left  margin:0;  padding:7px 10px;  border-top:1px solid #a2bce0;  }
   
Ini adalah kode Cssnya tapi yang paling penting adalah kode yang terletak di atas sendiri dan yang lainnya adalah kode tambahan saja supaya kolom dan link yang nantinya terbentuk menjadi indah. Dan sekarang lihat contoh Kode pemanggil kode Cssnya di bawah ini:

<div id='bottom'><b:section class='bottom' id='bottom1'/> </div>

Nah sekarang tinggal penempatan kode pemanggil kode Css ini. Untuk membuat kolom di bagian paling bawah template letakkan kode pemanggil tadi di bawah kode di bawah ini:

<div id='footer-wrapper'><b:section class='footer' id='footer'/> </div>

Selesai dech mudah bukan!

Catatan:
Jika sobat ingin menambah kolom di bawah kolom posting tinggal tempatkan aja kode penganggil kode Cssnya di bawah kode kolom posting dan kalau mau di atasnya letakkan saja di atas kode kolom posting dan yang terpenting sesuaikan dengan lebar dari template sobat.
Kode di atas bisa sobat rubah sesuai keinginan sobat, mau dibagi menjadi 2, 3, 4 atau bahkan 5 kolom juga bisa dan saya harap sobat kreatif dalam pembuatan kode-kode template.


www.isunuklir.blogspot.com