Kamis, 13 Januari 2011

Beranda » Tips Memilih Template Blog

Tips Memilih Template Blog



Hal- hal yang perlu di perhatikan dalam pemilihan template antara lain:

Tujuan atau arah website,

Sebelum merancang sebuah blog alangkah baiknya anda memikirkan untuk mencari template yang sesuai dengan isi dari tujuan blog tersebut. Misalkan Anda membuat blog tentang pembelajaran tetapi anda memilih template yang berwarna pink dan backgroundnya dihiasi bunga, hal ini tidak singkron. Dan apabila anda merniat untuk bisnis online atau iklan seperti google adsense maka persiapkanlah template yang tersedia kolom letak untuk menaruh iklan tersebut.

Pilih Template yang menari

Carilah template yang di rasa menarik bagi anda maupun pengunjun. Di situs banyak sekali tersedia contoh tempalte yang menarik baik berbayar maupun yang gratis. Luangkan waktu beberapa hari untuk mencari template yang memang yakin bagi anda itu bagus. Jangan sampai di suatu ketika anda menyesal anda menemukan tempalte yang lebuh bagus dari yang kita gunakan sekarang pada akhirnya ambil keputusan untuk ganti template yang sudah kiat pasang.

Template yang ringan

Salah satu faktor yang penting lainnya adalah besar tidak ukuran (size) template tersebut. Kita harus memperhatikan berat tidaknya proses loading blog tersebut. Orang akan enggan berkunjung ke blog kita karena proses loadingnya terlalu lama. Umumya blog yang penuh warna warni seperti kamar pengantin membuat blog kita menjadi berat, maka hindarilah hal seperti ini.

Banyak faktor faktor yang membuat blog itu menjadi berat diantaranya:
  1. Terlalu banyak gambar ukuran besar
  2. Terlalu banya widget atau variasi yang terpasang
  3. Ukuran tempalte yang besar
  4. Faktor server hosting yang terlalu sibuk tau memang lambat
Dari hal tersebut kita bisa kita bisa memilih template yang bagus dan cepat proses loadingnya. Untuk mengukur kecepatan blog beserta komponen yang paling lengkap bisa anda coba di websiteoptimization

Dari pengukur tersebut maka anda bisa melihat berat tidaknya blog tersebut utuk di akses. Untuk ukuran standar pada ukura kolom download time untuk koneksi 14,4 k blog anda jangan melebih angka 200 second. Pada kolom page objek perhatikan keterangan warna yang dicetak merah.

SEO Friendly

Saya sendiri belum tahu mana yang pasti jenis template yang memang friendly terhada search enggine atau tidak. Tetapi anda bisa melihat atau mencari di situs penyedia dengan memakai keyword seo template. Pada unumnya untuk blogspot atau wordpress untuk seonya sudah bagus, tetapi untuk cms joomla kayaknya agak berat deh.


www.isunuklir.blogspot.com