Selasa, 25 Januari 2011

Beranda » Cara Mudah Backup My Document

Cara Mudah Backup My Document

Hampir semua orang menyimpan datanya didalam folder MyDocuments. Folder ini memang folder standard dari komputer untuk menyimpanberbagai dokumen kita. Ada satu tips agar kita dapat menyelamatkan data-datayang ada didalam folder My Documents ini, sehingga hilangnya data dapat kitahindari sedini mungkin.

Perlu diketahui bahwa letak 'folder asli' dari My Documentsini ada didalam C:\Documents and Settings\Nama User\My Documents. Anda bisamengeceknya melalui klik kanan pada folder My Documents lalu pilih Properties.Perhatikan pada kotak Target Folder Location, disitulah sebenarnya data MyDocuments itu disimpan.

Menyimpan data di lokasi tersebut sebenarnya kurang aman,mengapa?. Jika suatu saat komputer kita error (tidak bisa masuk ke Windowsmisalnya) sehingga tidak ada jalan lain untuk membetulkan komputer kita kecualidengan memformat Windows, maka susah bagi kita untuk menyelamatkan data MyDocuments tersebut karena letaknya ada di C, dan begitu melakukan formatWindows maka secara otomatis seluruh data yang ada di My Documents 'akan terhapus'.Memformat Windows sama saja dengan menghapus 'seluruh data' yang ada di drive /partisi C.

Memang masih bisa untuk diselamatkan, antara lain denganmengkopi folder My Documents tersebut ke drive lain (seperti drive D, E dsb)melalui DOS, atau memindahkannya melalui kopi hardisk (hardisk kita dipasang dikomputer orang lain), namun cara-cara diatas cukup merepotkan bagi kita. Adasatu trik agar kita dapat menyelamatkan data di My Documents yakni denganmemindahkan target dari letak My Documents tersebut ke partisi lain, misalkanD, E dsb.

Caranya cukup mudah, yakni:
  1. Klik kanan padaStart lalu pilih Explore
  2. Pada partisi /drive selain C (misalkan di drive / partisi D), buat folder baru dengan namaDataku (atau nama lain sesuka anda)
  3. Klik kanan padafolder My Documents lalu pilih Properties
  4. Klik tombol Move….Pada kotak yang muncul, cari folder yang anda buat tadi. 
  5. Jika sudah, klik OK -OK. 
  6. Pada kotak yg muncul, klik Yes.
Anda bisa cek: Isi folder My Documents = Isi folder Dataku (pada drive /partisi D)

Dengan demikian, jika suatu saat komputer anda errorsehingga harus di format Windows, maka seluruh data My Document akan selamatsebab tidak lagi disimpan di drive C, melainkan sudah dipindahkan ke drive D.
Hal ini sangat penting dilakukan mengingat banyak orang yangkehilangan datanya yang berada di My Documents sewaktu dilakukan formatWindows. Jika tips ini anda lakukan, maka kejadian seperti tadi tidak akanmenimpa pada anda.

Keterangan : 
  • Format Windowsadalah proses untuk menginstal ulang Windows, dengan kata lain Windows andadiganti dengan yang baru 'secara total'
  • Drive / Partisiadalah pembagian lokasi hardisk untuk penyimpanan data di komputer. 
  • Jika andamembuka Windows Explorer maka biasanya akan terlihat tulisan (C), (D), (E) dansebagainya. Bagian-bagian tersebut berguna untuk 'membagi-bagi' lokasipenyimpanan data kita. Kecuali drive / partisi untuk CD-ROM/DVD-ROM, drive /partisi ini tidak berfungsi untuk menyimpan data tapi berfungsi untuk membacakepingan CD / DVD.
Semoga Bermamfaat....

www.isunuklir.blogspot.com