Senin, 24 Januari 2011

Beranda » Cara Mengatasi Virus Malwere

Cara Mengatasi Virus Malwere


Sudah banyak komputer yang menjadi korban virus, worms, trojan, atau malware lain. Apabila komputer anda belum terinfeksi malware, inilah langkah-langkah yang dapat anda lakukan. Tidak mudah dalam mengidentifikasi sebuah komputer yang terinfeksi virus. Gejalanya bisa berbagai hal seperti file yang jilang, komputer mengalami restart terus menerus, intinya komputer tersebut tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Misalkan pada komputer anda telah terinstal antivirus, maka antivirus dapat mengenali adanya malware, dan antivirus tersebut mungkin bisa langsung membersihkan malware tersebut. Namun apabila komputer anda belum terinstal software antivirus maka anda harus melakukan langkah – langkah pencegahan.

Jika komputer anda di kantor teringeksi malware, sebaiknya segera memberitahu bagian IT disana, agar mereka bisa segera membersihkan komputer tersebut sehingga tidak menjalar ke keomputer yang lain dalam jaringan.

Apabila komputer dirumah anda yang terkena virus, segera putuskan koneksi internet. Hal ini untuk mencegah pencurian data pribadi melalui internet. Juga untuk mencegah malware tersebut melakukan serangan kekomputer lain melalui komputer anda.

Lakukan scanning pada komputer anda dengan software antivirus terbaru. Namun apabila antivirus yang terinstal pada komputer anda tidak mampu membersihkan malware tersebut, sebaiknya anda segara menginstal ulang system operasi pada komputer anda. Jangan lupa back-up dulu sebelum melakukan instal ulang.

Mereka yang pernah terkena serangan virus, pasti tahu bagaimana repotnya membersihkan komputer tersebut dari virus. Waktu, data bahkan uang bisa melayang. Berikut ini beberapa kiat yang dapat anda gunakan dalam menghindari serangan malware pada komputer anda.
  • Lakukan update setiap saat atas antivrus yang digunakan pada komputer anda. Karena dengan antivirus terupdate malware baru dapat segera dikenali.
  • Ganti password secara berkala
  • Update software-software pada komputer anda secara berkala. Saat ini kabanyakan sistem operasi dan beberapa software telah menyediakan vasilitas update secara otomatis
  • Instal firewall pada komputer anda, karena ia bisa mengenali beberapa malware yang mencoba menyerang komputer anda. Saat ini sudah banyak sistem operasi yang telah mengikutsertakan firewall pada softwarenya. Anda tinggal mengaktifkannya saja.
  • Penting juga menggunakan antispyware pada komputer anda.
  • Lakukan back-up atas data data anda secara rutin ke CD/DVD atau harddisk enternal, sehingga data-data anda tetap aman meskipun komputer terserang malware.
Komentar Anda Sangat Bermanfaat Bagi Perkembangan Blog InI


www.isunuklir.blogspot.com