Minggu, 23 Januari 2011

Beranda » Cara Membuat dan Memasang Javascript Energy Saving

Cara Membuat dan Memasang Javascript Energy Saving

Energy saving mode sebenarnya merupakan sebuah desain yang diciptakan pertama kali oleh http://www.onlineleaf.com/ dengan maksud untuk menggalakkan upaya penghematan energy bagi dunia melalui pengendalian energy yang digunakan pada website atau blog.

Energy saving mode digerakkan oleh sebuah javascript yang didalamnya memanfaatkan jquery.1.3.2.min.js dan dilengkapi dengan kode CSS dan xHTML. Ketika javascript Energy Saving Mode digunakan dalam blog, maka dia akan bekerja secara aktif untuk secara periodik membuat halaman blog menjadi gelap setiap kurun waktu 10 menit (waktu ini dapat di rubah sesuai keinginan pengguna dengan merubah setting waktunya). Layar akan cerah kembali hingga seluruh bagian blog atau web terlihat jelas ketika mouse atau cursor pengguna/pengunjung digerakkan di atas halaman blog. Dengan cara inilah sebenarnya upaya penghematan energy dilakukan.

Ribuan blog telah memanfaatkan desain energy saving mode karena selain berfungsi untuk penghematan energy, desain ini juga mampu membuat blog terlihat lebih menarik. Pada saat ini kesempatan pengguna blogdetik untuk membuat dan memasang energy saving mode telah terbuka lebar akibat kebijakan baru blogdetik yang mengijinkan penambahan atau pemasangan javascript baru yang berasal dari luar blog. 

Jika sampeyan mencermati blog ini, maka sebenarnya akan terlihat bahwa energy saving mode telah terpasang di dalamnya. Sampeyan bisa melihat bentuk ataupun rupa tampilan energy saving mode setelah membuka blog sekitar 10 menit. Setelah masa tersebut halaman blog akan tertutup selimut gelap hitam yang bertuliskan beberapa teks. Gerakkan saja cursor di atasnya maka halaman blog akan kembali terlihat.

Memasang javascript energy saving mode di blogdetik tidaklah sulit. Jika sampeyan tertarik untuk ikut serta memasang javascript ini sebagai wujud kepedulian terhadap upaya penghematan energy sekaligus mempercantik blog, maka silahkan ikuti panduan berikut ini.

1. Login ke blogdetik dengan menuliskan User Name dan Password kemudian klik LOGIN.
2. Setelah halaman DASBOR terbuka, arahkan cursor pada APPEARANCE (toolbar sebelah kiri!) kemudian pilih dan klik WIDGET.

 

3. Tentukan posisi di mana widget mau disimpan. Lihat gambar di bawah ini:


Jika template blog terdiri dari dua sidebar atau lebih, silahkan pilih sidebar-1, sidebar-2 atau sidebar-3 kemudian lanjutkan dengan klik SHOW

4. Beberapa saat kemudian terlihat pilihan untuk menambah Widgetize Any HTML. Silahkan klik TAMBAH.


5. Perhatikan di sebelah kanan halaman. Box penyimpanan kode HTML - Widgetize Any HTMl yang berfungsi untuk menyimpan kode CSS, javascript ataupun xHTML sudah terlihat dan siap untuk digunakan. Klik SUNTING


6. Sesaat setelah klik SUNTING maka box Widgetize Any HTML menjadi terbuka dan kode siap dimasukkan untuk di simpan. Silahkan Copy dan pastekan javascript Energy Saving Mode ke dalamnya.


7. Klik Selesai.
8. Klik Save Changes.
9. Buka blog untuk melihat hasilnya.

Javascript Energy Saving Mode
KODE
<script language="javascript" type="text/javascript" src="http://www.onlineleaf.com/savetheenvironment.js"></script>

Copy-paste javascript di atas ke dalam box Widgetize Any HTML

Selain javascript di atas, jika mungkin tertarik untuk menggunakan javascript Energy Saving Mode yang tampilannya telah dimodifikasi dengan menampilkan identitas blogger, silahkan gunakan javascript yang di bawah ini:
KODE
<script language='javascript' src='https://sites.google.com/site/gubhugreyot/javascript/GR-EnergySavingMode.js' type='text/javascript'></script>

Selamat Mencoba Semoga Berhasil....


www.isunuklir.blogspot.com