Selasa, 18 Januari 2011

Beranda » Beberapa kerusakan tv

Beberapa kerusakan tv

TV SHARP JADUL

Senang rasanya bisa posting lagi hari ini, untuk kali ini saya akan menulis pengalaman menServis TV SHARP model lama, dengan keluhan dari yang empunya , TV mati.


Tv ini menggunakan IC program IX 1704CEN1, IC Kroma  TDA 8362 dan IC VERTICAL IX0640C. Sebenarnya TV ini tidak mati total, pada saat TV dinyalakan lampu indikator berwarna merah kemudian berubah menjadi hijau dan heater / filamen di tabung CRT pun kelihatan menyala. Kemudian saya coba putar VR screen di FBT searah jarum jam dan saya perhatikan layar crt terlihat garis mendatar di tengah-tengah layar. kemudian saya coba pasang antena dan saya perhatikan garis mendatar di layar CRT tersebut, ternyata setelah di pasang antena tersebut, tingkat kecerahannya berubah, jadi lebih terang garisnya.

Dengan pertimbangan kejadian tersebut diatas maka analisa saya adalah TV ini blok vertikalnya tidak bekerja dengan baik, alias mati. akan tetapi sebelum memutuskan untuk penggantian komponen terlebih dulu saya lakukan pengukuran secara detail.

Pengukuran dimulai dari Tegangan B+ 125v, 12v dari power suplay, kemudian tegangan output FBT  tegangan Video 180v, tegangan untuk vertikal terukur 27 v, tegangan untuk heater juga ada, kemudian saya ukur juga tegangan output vertikal yang menuju koil defleksi vertikal, nah disini tegangan terukur cuma kurang dari 5v seharusnya  +/- 12 volt, selanjutnya tegangan yang ke pin 10 IC TDA 8362 disini tegangan terukur 8 volt.

untuk selanjutnya saya fokus mencari penyebab mengapa tegangan output vertikal tidak keluar dengan normal, dan setelah susah payah, cek satu per satu di blok vertikal akhirnya di temukan D507 (IN 4005) terukur putus, sehingga suplay arus yang ke pin 3 IC vertical terputus juga.

                                                                                                                  
  Setelah penggantian diode IN 4005 tersebut kemudian saya perhatikan layar crt, dan setelah beberapa detik akhirnya muncul raster, tetapi tidak ada gambarnya dengan kata lain tidak nangkep siaran. Untuk langkah selanjutnya saya coba lakukan auto search, dan akhirnya gambar pada nongol satu persatu.

untuk memastikan gambar / siaran tersimpan, saya cek di setiap canel program ternyata semua siaran TV masuk .  


Demikian untuk posting kali ini semoga dapat di manfaatkan untuk semua rekan-rekan pembaca.                                                                                                                                                                

TV LG GAMBARNYA HANYA RASTER

Tv merk LG SOUNDMAX PLUS model CF-20G60K dengan IC Prosesor TDA 9381PS, IC memory 24c16, Ic vertikal LA 7840 dan STR F6654. Tv tersebut di bawa ke meja tugas saya dengan kerusakan gambarnya hilang semua yang ada hanya rasternya saja,





Sebelum TV saya bongkar terlebih dahulu dinyalakan untuk mengetahui tanda-tanda kerusakan secara detail. dan memang benar setelah TV tersebut menyala hanya raster saja yang nongol ( gambar kepyur alias banyak semutnya). saya coba pasang antena, ada gambar tetapi cuma bayang-bayang hitam tidak jelas, kemudian masuk ke menu Preset dan di auto search ternyata chanel juga terisi semua,akan tetapi seperti tersebut diatas gambarnya cuma bayang- bayang hitam

Informasi yang saya dapatkan dari yang punya TV katanya sebelum gambar hilang, remotnya dibuat mainan lalu di layar TV keluar menu dengan banyak itemnya. ( untuk analisa saya: kemungkinan TV tersebut data seting eeprom nya berubah atau eror atau datanya korup).

Untuk mengatasi masalah tersebut terlebih dahulu masuk ke Service Mode, dengan remote yang bukan aslinya, saya berusaha men-sermod TV tersebut dengan cara:
  • Menekan tombol OK di remot dan oke di TV secara bersamaan dan di tahan untuk beberapa detik, atau
  • Menekan tombol Menu di remot dan Menu di TV secara bersamaan dan tahan untuk beberapa detik, atau
  • Tekan tombol menu di panel 2 kali dan tahan, secara bersamaan tekan tombol menu di remot, atau sebaliknya.
Akan tetapi setelah 3 langkah tersebut saya lakukan ternyata tidak berhasil masuk ke menu servis, saya berfikir mungkin karena remote yang dipakai adalah remot universal. Tetapi saya tidak berhenti sampai disitu, saya berusaha mencari remot untuk TV LG dan akhirnya remot saya dapatkan ( kode remotnya 6710v00090D). kemudian saya coba lagi masuk menu servis mode dengan langkah tersebut diatas, tetapi lagi-lagi tidak membuahkan hasil.

Sebelum memutuskan mengganti komponen, terlebih dahulu saya cek semua tegangan B+ dkk, hasil pengukuran tegangan normal semua. kemudian saya lanjutkan pengukuran ke pin-pin IC TDA 9381 PS, disitu terukur tegangan normal juga dan yang ke bagian tuner juga tidak masalah.





Dengan pertimbangan yang tersebut diatas akhirnya saya putuskan untuk mengganti IC eepromnya.
Cara mengganti IC Eeprom TV LG SOUNDMAX Plus adalah:
  • Dalam keadaan TV off cabut IC 24C16 dari mainboard.
  • Pasang IC yang baru (kosong) dengan tipe yang sama yaitu 24C16.
  • Nyalakan mainboard / mesin TV dengan menekan tombol main switch / tombol Power utama dan tunggu sampai lampu indikator menyala / standby.
  • Tekan tombol Ch + atau P+ ( setelah menekan tombol p+, TV akan menyala dan akan terlihat rasternya)
Setelah TV bisa menyala kembali, saya segera masuk ke menu Preset/Program, untuk memprogram ulang chanelnya. dan setelah dilakukan Auto Search gambarnya bermunculan. Tv pun bisa kembali normal kembali.

Catatan:
  •  setelah penggantian ic eeprom,  ternyata saya tidak perlu lagi merubah seting V size-nya, karena saya lihat ukuran gambar sudah pas.
  • untuk cara pasang Ic eeprom/memori tTV LG ini hampir sama dengan cara mengganti ic memory untuk beberapa merk tv cina (tentu beda dengan merk "SHARP")
Dan untuk rekan rekan pembaca yang budiman, rekan-rekan master TV tolong dikoreksi kalau ada kesalahan dan ditambahkan kalau ada kekurangan, Trima-kasih dan semoga ada manfaatnya.

CARA SETING UNIVERSAL REMOTE / REMOT MULTI untuk Televisi

Belakangan ini banyak beredar remote multi (universal remote). Remot ini biasa digunakan untuk semua merkTV, (misal: sharp, sanyo, sony, samsung, LG dan sebagainya).

Berikut ini ada berbagai cara mensetting remote universal untuk tv:

A . CARA SETING DENGAN KODE
  1. Nyalakan TV, dan arahkan Remote ke TV
  2. Tekan tombol " SET " sampai lampu led menyala, lalu masukan 3 kode angka sesuai merk yang di inginkan.
  3. Tekan tombol  "set" sampai lampu led mati.
  4. Pergunakan remot untuk mencoba apakah sudah berfungsi dengan normal.
  5. Jika tidak,  ulangi langkah tersebut sekali lagi.
B CARA SETING DENGAN " AUTO SCAN "
  1. Nyalakan TV, dan arahkan Remote ke TV
  2. Tekan tombol " set " sampai lampu led menyala, lalu lepas dan tekan tombol " Power " maka lampu akan berkedip tanda Auto scan sedang bekerja.
  3. Pada saat Volume muncul di TV tekan tombol "set" (tanda pencarian selesai)
  4. Periksa tombol di remot apakah sudah berfungsi dengan normal.
  5. Jika  belum ulangi langkah tersebut.
C . CARA SETING DENGAN TOMBOL " VOLUME "
  1. Nyalakan TV, dan arahkan remote ke TV.
  2. Tekan tombol "set" sampai lampu led menyala, lalu tekan tombol "volume +" dengan cara tekan lepas secara terus menerus sampai volume muncul di TV.
  3. Tekan tombol "set" sampai lampu led mati
  4. Periksa Tombol remot apakah sudah berfungsi dengan normal.
  5. Jika belum ulangi langkah tersebut.
Ketika auto scan sedang berlangsung, jika terlewatkan anda boleh menekan tombol "volume -" maka auto scan akan berjalan mundur.

Langkah langkah tersebut diatas hanya sebagai contoh, tetapi untuk remote universal dan cara penyetelanya ikuti saja petunjuk yang tersedia dibrosurnya.

Selesai dan semoga bermanfaat.

MENGGANTI IC EPROM TV FUJITEC / Membuka Tombol yang terkunci pada tv

Beberapa hari lalu ada Tv fujitec datang ke tempat saya dengan kerusakan Tv tersebut terkunci. (tombol tidak bisa di mainkan dan remotenya pun tidak ada) kata yang punya TV "Mas tv saya kok tidak bisa dipindah pindah..?" Penyebab kerusakannya karena tadinya salah pencet hingga tombol terkunci.

Sebenarnya untuk membuka kunci anak pada kebanyakan tv merk-merk cina sangat mudah yaitu dengan menekan dan tahan tombol display diremot, maka kunci akan terbuka, tetapi berhubung remotenya sudah hilang, maka jadi repot.

Untuk cara mendapatkan remote control pengganti saya coba setting dengan remote serba guna, tetapi setelah sekian lama saya set ternyata tidak bisa, (mungkin karena Tv ini dalam keadaan terkunci). setelah berbagai usaha saya lakukan akhirnya saya putuskan untuk mengganti IC memori atau eprom.

Chasis Tv ini menggunakan IC Micon LC 8635xx, IC prosesor LA 76818, IC vertikal 78040 dan IC eprom 24c08.

Cara mengganti IC eprom nya adalah Tv dalam keadaan off, pasang IC eprom kosong yang masih baru (24C08). setelah penggantian selesai tekan tombol main power dan tunggu untuk beberapa saat sampai tv menyala.(hati-hati untuk penggantian IC eprom, untuk beberapa merk tertentu misal sharp, ada caranya tersendiri)

Setelah penggantian selesai dan Tv-nya menyala, maka segera saya seting remot multi untuk mendapatkan remot pengganti dan akhirnya berhasil. Setelah remote control pengganti sudah saya dapatkan saya matikan TV dan saya lepas kembali IC memori yang baru dan saya pasang kembali IC eprom yang lama.
Kemudian dengan remot tersebut saya buka kunci anak.(sebenarnya untuk IC memory yang baru tersebut langsung bisa dipakai, tinggal merubah V size-nya dan memprogram ulang ).

sekian dulu untuk posting kali ini dan smoga pengalaman saya ini bermanfaat bagi rekan rekan pembaca.
Terima-kasih

CARA SERVIS TV CINA SUARA BERDESIS, NGESESSSSS TAPI GAMBARNYA BAGUS

Yang sedang saya hadapi di meja tugas saya adalah sebuah TV merk China "START DIGITAL STEREO" dengan gejala kerusakan suaranya tidak ada "cuma ngesessssss doang" (kata nyang empunya tv). Untuk mengamati gejala kerusakanya tv tersebut coba saya nyalakan, dan memang gambarnya bagus alias oke tetapi, suaranya tidak terdengar (ilang entah kemana).



Setelah mengetahui gejala kerusakanya, tv segera saya bongkar (seperti biasa bersih-bersih dulu) mainboard saya pisahkan dari tabung crt dan untuk selanjutnya dilakukan pengecekan.

Chasis TV ini menggunakan Ic micon LC863328B, IC Prosesor LA 76810A, Ic Vertikal LA 78040 dan Ic eprom 24c08. Pengecekan saya mulai dari tegangan B+ dkk, semua tegangan terukur normal, pengecekan saya lanjutkan denagan mengukur tegangan yang mengarah ke IC LA 76810a dan tuner. pertama saya cek tegangan pada pin-pin di IC la 76810a, pin8=5v, pin10=4.5v, pin18=8v, pin31=5v dan pin 43 terukur 4v lebih dikit.Kemudian pengukuran dilanjut ke bagian Tuner. yang saya ukur tegangan VT, dengan program SEARCH dijalankan tegangan naik dari 0 s/d 33v  dan gambarnya pun nongol semua tapi suaranya cuma ngesessssss.... tok.

Sambil duduk termenung saya nunggu inspirasi turun dari langit, saya berfikir ini tv apanya yang rusak....?. akhirnya saya pakai aji kira-kira, untuk kerusakan suara saya cek tegangan yang ke ic audio amplifier , tegangan disitu oke, cek dibagian detector audio disekitar ic la 76810a, ganti kristal sama koil aft tidak mau juga. reboisasi elco kecil disekitar la 76810a tidak membuahkan hasil.

Harapan terakhir hanya ada pada IC pprosesornya, yaitu LA 76810A, dengan harap-harap cemas saya ganti ic tersebut. dan kemudian saya nyalakan tv,,,, gambar nongol dan suaranya pun terdengar, alis oke.



Kesimpulanya adalah bahwa IC tersebut sudah tidak bekerja secara normal.
Sekian dan smoga bermanfaat bagi rekan rekan pembaca.

www.isunuklir.blogspot.com