Selasa, 04 Januari 2011

Beranda » 38 Widget Blog

38 Widget Blog



Widget jika berhubungan dengan web ataupun blog maka yang dimaksud adalah sebuah tool (alat yang berguna) dalam memaksimalkan keindahan, dan kecantikan blog kita. Widget sendiri merupakan sebuah elemen yang berguna dan mudah digunakan baik yang telah disediakan oleh penyedia layanan blog yang kita gunakan maupun berasal dari third party atau pihak ketiga.
Penggunaan serta pemasangan widget telah sangat dimudahkan oleh pihak-pihak penyedia layanan, sehingga yang kita perlukan hanya mendaftar atau bahkan ada yang tidak perlu mendaftar sama sekali, cukup mengcopy scrift yang telah disediakan dalam element blog Anda. Nah berikut ini 38 widget pilihan untuk mempercantik tampilan blog kita.
Note: Saya sarankan jangan terlalu berlebihan memasang widget karena bisa mengakibatkan loading blog menjadi lama dan berat.
1. MyBlogLog’s Recent Readers – Widget satu ini sejak kehadirannya didunia blog langsung mendapat sambutan meriah layaknya seleb baru yg lagi naik daun. Widget ini memperlihatkan avatar dari para pengunjung blog Anda. Dan dengan kepopuleran widget satu ini sampai-sampai manajemen MyBloglog mampu meyakinkanYahoo untuk membeli sahamnya
2. Mashable – Widget ini menyediakan semacam newrseel (headline news) dalam element blogger yang memberikan cuplikan berita/postingan dari sosial networking. Bedanya ada pilihan warna untuk disesuaikan dengan layout blog Anda.
3. Flickr Flash Photo Stream Badge – Widget ini menampilkan photo-photo dari profil flickr anda secara berurutan dan dengan sentuhan flash. Flickr merupakan bagian dari yahoo jadi untuk mendapatkan widget ini anda memerlukan account yahoo seperti pada widget MyBlogLog di atas.
4. Preview Anywhere – sudah cukup terkenal juga nama snapshots bagi pengguna blogger bahkan untuk wordpress widget ini menjadi rekomendasi khusus dalam dashbord admin penggunanya. Fungsinya untuk melihat preview link keluar dengan tampilan popup yang tidak terlalu besar ketika pengunjung mengarahkan mouse pada teks atau banner yang “mengandung” link. Pro-kontra memang selalu ada sebagian menganggap widget ini berguna karena menandakan kejujuran kita selaku pemilik blog.
5. Digg News – Widget ini menampilkan Link terakhir yang masuk ke Digg sebuah social bookmarking.
6. FEEDJIT – Widget ini paling wuenak diantara widget lainnya, Feedjit merupakan layanan real time traffic pada blog anda. Ada empat pilihan widget Feedjit yang bisa anda gunakan, silahkan kunjungi saja Feedjit dan lihat empat widget apa saja yang tersedia.
7. LineBuzz – Komentar dalam widget inline untuk Blog anda. Widget ini sangat berguna bagi blog yang memiliki frekuensi tinggi dalam menerima komentar, sehingga memudahkan berkomentar jika terjadi diskusi yang berkepanjangan.
8. 3Jam – Widget ini memudahkan pengunjung blog untuk berinteraksi dengan Anda dengan mengirimkan SMS pada henphone anda tanpa mereka tahu nomor HP Anda.
9. Jaxtr – Seperti halnya widget 3jam di atas, dengan menggunakan widget Jaxtr ini, pengunjung blog bisa menghubungi HP Anda tanpa mereka tahu nomor HP Anda.
10. LinkedInABox – Menampilkan profile Anda di LinkedIn. Dan widget ini sangat cocok untuk blog personal.
11. Box Widget – Dengan widget ini, memudahkan pengunjung blog Anda untuk mengupload file ke tempat penyimpanan online box.net melalui widget box.net pada blog Anda.
12. ClockLink – Sepertinya widget ini yang paling banyak diminati dan digunakan para blogger yang peduli dengan manajemen waktu seperti namanya clock, widget ini menampilkan petunjuk waktu atau jam pada blog Anda.
13. WhoLinked – Memperlihatkan kepada pengunjung blog Anda situs-situs yang telah melink pada blog anda. tidak perlu mengupdate karena WhoLinked ini secara teratur mengupdate sendiri web/blog yang me-link blog Anda.
14. Criteo AutoRoll – Widget ini memperlihatkan link menuju blog-blog yang sehaluan dengan blog Anda.
15. Calender – Berbeda dengan wordpress yang sudah mempunyai widget ini di dalamnya, untuk pengguna blogger widget kalender belum tersedia, oleh karenanya jika Anda ingin menampilkan kalender maka widget satu ini pantas di perhitungkan.
16. Bitty Browser – Menampilkan web browser “mini” pada sidebar blog anda.
17. Leafletter – Ini juga sama masih masalah mini, widget ini membuat website mini dan menyimpannya pada blog Anda.
18. WikiSeek – Menampilkan widget untuk pencarian pada Wikipedia.
19. FeedCount – Menampilkan jumlah pengunjung blog anda melalui banner kecil dan widget ini berhubungan dengan account feedburner anda.
20. Technorati Link Count – Menampilkan reaksi jumlah link yang menuju blog anda dari salah satu directory blog terbesar.
21. MyPageRank – Inilah cara lain untuk menunjukkan betapa hebat dan bermanfaatnya blog Anda dengan menampilkan Ranking Google atau Google PageRank (PR). Penilaian PR google ini seperti saat kita SD dulu ada rangking 1 sampe 10, bedanya PR yang baik menurut google itu yang lebih besar alias 10.
22. Counter Statistic – Bagi Anda yang ingin melihat jumlah pengunjung Anda sehari-hari, maka widget ini adalah salah satu yang menyediakan fasilitas tersebut.
23. Web/Blog Counter – Widget ini datangnya dari Histats.Com yang memungkinkan Anda bisa melacak pengunjung datang dari mana saja, lewat pintu mana saja, dan menghitung jumlah pengunjung blog Anda sehari-hari berapa, referer dari blog mana saja, dan jika melalui search engine semisal google, yahoo, msn menggunakan keyword apa. Jika Anda ingin melihat IP Address pengunjung blog Anda, widget histats ini yang bisa saya rekomendasikan.
24. BlinkxIt – Widget yang sangat mantap karena menampilkan banner kecil dibawah setiap postingan blog Anda, ketika banner BlikxIt itu di klik maka keluar mini popup seperti snapshot dan menampilkan video yang berhubungan dengan postingan blog Anda.
25. Skype button – Seperti widget menampilkan status online YM pada blog Anda, widget ini pun hampir sama cuma bedanya status online/offline pada account skype anda yang ditampilkan.
26. Bravenet Horoscope – Seperti halnya widget di atas, bravenet pun menyediakan widget horoscope untuk blog Anda.
27. del.icio.us Tagometer – Widget ini menampilkan berapa banyak pengguna del.icio.us membookmark blog Anda.
28. del.icio.us Linkrolls – Widget ini menampilkan bookmark terakhir Anda dari del.icio.us.
29. Timelines – Perlu membuat timeline untuk blog Anda? Maka widget cukup mudah digunakan, hanya perlu memasukan RSS blog Anda lalu memasukkan ukuran lebar dan tingginya.
30. PollDaddy – PollDaddy memberikan Anda kemudahan membuat sebuah poling atau survey dengan theme yang sangat cantik.
31. Vizu – Pilihan widget lain untuk membuat poling pada blog Anda, kelebihannya widget ini cocok dengan platform blog manapun.
32. AnswerTips – Memperlihatkan jawaban dari Answers.com untuk berbagai macam istilah yang terdapat pada blog anda
33. AnswerBoxes – Masih widget dari Answer.Com hanya saja widget ini memberikan kesempatan pada pengunjung blog Anda untuk memasukan istilah yang tidak dimengerti dan mendapat jawaban Answer.Com.
34. BuzzBoost – Menampilkan headline dari RSS FeedBurner blog Anda pada blog Anda sendiri ataupun blog Anda yang lain atau juga pada blog teman.
35. Plaxo Address Book – Izinkan pengunjung setia yang telah Anda percayai untuk mengakses buku tamu mereka langsung dari blog Anda.
36. Deal of The Day – Yang menarik dari widget ini adalah diskon besar-besaran yang ditawarkan untuk pengunjung blog Anda. Dan jika ada yang membeli barang dari widget tersebut tentu Anda mendapat persenan dari amazon.
37. Google Map Widget – Perlihatkan pencarian pada peta google dari blog Anda.
38. Shoutbox – Fungsi shoutbox adalah untuk menampung pesan singkat teman atau para blogger yang tengah blogwalking. Untuk shoutbox banyak pilihan yang bisa Anda gunakan diantaranya, ShoutmixCbox, atau kalo Anda berorientasi nasionalis dan cinta produk dalam negeri Anda bisa memilih Oggix
Demikian diantara widget yang bisa digunakan untuk mempercantik blog anda. Pilih saja yang sekiranya bermanfaat dan cocok untuk blog anda.





www.isunuklir.blogspot.com