Senin, 03 Januari 2011

Beranda » Tutorial Reseter-Reset Printer Canon IP 1880

Tutorial Reseter-Reset Printer Canon IP 1880



Canon iP 1880 error kedap kedip / blinking

Saat tugas menumpuk harus segera diselesaikan rasanya waktu berjalan sangat cepat dan terus menggilas, disaat seperti ini tiba-tiba printer error waduh…. Sumpek mangkel berkecamuk di dada. Printer saya canon IP 1880 , saat buat ngeprint lampu hanya kedap kedip. Akhirnya Tanya sama mbah google , cari sana sini ternyata banyak para ahli yang telah membagikan ilmunya bagaimana cara mengatasi error printer Canon IP 1880 . Kemudian saya coba ilmu yang baru ku dapat Alhamdulillah printer lancer kembali.

Ternyata  macam-macam blinking / kedip-kedip yang sering terjadi pada printer canon ip 1880 cara resetter dan cara menyelesaikannya kayak gini nich...

1. Blink 1x oranye  1x hijau bergantian, printer minta di reset,
2. Blink oranye 2x hijau 1x, tidak ada kertas atau kertas tidak bisa masuk, buka cover lihat sensor dibelakang plat belakang catridge kadang sensor gak mau balik, posisi sensor harus nempel di plat.
3. Blink oranye 3x hijau 1x, kerusakan di mekanik, cara penyelesaiannya buka cover printer lihat bagian cleaning unit disana banyak kotoran tinta yang sudah mengering. bersihkan dan printer akan kembali normal cuma sebelum dibersihkan lihat dulu sensor-sensornya ada yang kotor atau kabelnya putus.
4. Blink oranye 4x hijau 1x, reset catridge, caranya pencet dan tahan tombol resume selama +/- 1 menit
5. Blink oranye 5x hijau 1x, kerusakan pada cartidge, biasanya black
6. Blink oranye 7x hijau 1x, kerusakan pada catridge, biasanya color
7. Blink oranye 8x hijau 1x, reset catrid, caranya pencet dan tahan tombol resume +/- 1menit lalu gunakan software Resetter nya
8. Blink oranye 14x - 15x hijau 1x, kerusakan catridge, caranya ganti cartdige dengan yang normal, pake print sekali, matikan, ganti catridge semula, selesai.
9. Blink oranye 16x hijau 1x, catridge minta di reset, caranya pencet dan tahan tombol resume selama +/- 1 menit lakukan 2x

cara-cara diatas juga bisa dipakai untuk memperbaiki canon ip seri : 1200, 1300, 1600, 1700, hanya sofware resetternya aja yang berbeda, biasanya kalau yang ini  memakai  software ip tool   

Kemarin Saya menemukan kasus error pada Printer Canon iP1880/iP1980 dengan ciri-ciri lampu indikator berkedip 4 kali warna orange dan satu kali warna hijau. Ok, langsung saja pada solusi permasalahan dan ciri-ciri Printer Canon iP1880/iP1980 yang mengidap error tersebut ......


Cara Service Printer Canon iP1880/ iP1980 Blink 4 Kali Orange 1 Kali Hijau

Kondisi Printer menunjukan ciri-ciri sebagai berikut:
Apabila Printer Canon iP1880 atau iP1980 dihidupkan, printer akan langsung menampilkan pesan error tanda-tanda lampu indikator printer berkedip 4 kali orange dan 1 kali hijau.

Penyebab Error:
Kondisi ini adalah Error umum yang memang pasti terjadi pada Printer Canon iP1880/1980, karena diakibatkan oleh tercapainya hitungan puncak penuh penghitung tintanya (ink counter full).

Penyelesaian / Solusi:
  1. . Hidupkan Canon iP1880 atau iP1980
  2. . Tekan dan tahan tombol RESUME kurang lebih 10-30 detik.
  3. . Kemudian akan terdengar bunyi printer berproses, mulai melakukan inisialisasi / persiapan.
  4. . Dan Canon iP1880 atau 1980 yang error seharusnya sudah normal kembali dengan led hijau menyala.
  5. . Selesai.


Cara Service Printer Canon iP1980 Baris Tulisan Tidak Rata / Garis Tidak Lurus

Posting Kali ini Saya akan mencoba menuliskan tentang Cara Service Printer Canon iP1980 Baris Tulisan Tidak Rata / Garis Tidak Lurus. Kasus ini pernah dialami oleh salah satu Sobat Solution. Bagi Sobat yang ingin tahu tentang kasus ini, silahkan di simak ....

Indikasi awal :
 
Hasil Print tidak bisa lurus atau rata kiri apalagi kalau untuk print garis akan sangat kelihatan tidak lurus. Berikut hasil printnya :

undefined
Cara Service Canon iP1980 Baris Tulisan Tidak Rata / Garis Tidak Lurus :
  •   Bongkar Printer Canon iP1980 Sobat. Mohon maaf untuk panduan bongkar belum ada. Urutannya buka tutup samping kanan kiri dengan mendorong ke belakang, baru kemudian tutup bagian tengahnya. 
  •   Amati Encodernya. Encoder adalah pita sensor yang terbuat dari plastik dengan motif / kode baris di permukaannya. Letaknya dibelakang Head Carriage / rumah catridge. Berikut gambarnya :

undefined
undefined
undefined
  •    Kalau kasus Saya : Encoder terkena cipratan tinta, sehingga menutupi baris kode yg ada di Encoder tersebut. Untuk membersihkan tinta ini memang agak sulit, tapi Saya mencoba cara berikut yaitu dengan merendam Encoder itu dengan air panas mendidih dan kemudian tinta yang menempel Saya  coba bersihkan dengan menggunakan kuku tangan. Tapi jangan sampai baris kodenya hilang/terhapus. Kalau sampai hilang/terhapus berarti Sobat harus mencari Encoder yang masih bagus (baru).
  •    Jadi penyakitnya adalah Encoder yang terkena cipratan tinta. Dan akibatnya hasil print jadi kacau  dan tidak lurus, bahkan ada tulisan yang kelihatan patah seperti teriris.
  •    Selesai. ...

* Kasus ini tidak hanya terjadi pada Printer Canon  iP1980 tapi bisa juga terjadi di Printer Canon type lainnya yang memiliki Encoder sebagai penuntun Head Carriage untuk bergerak. 
Solusi ini bisa juga digunakan untuk iP1200, iP1300, iP1600, iP1700

Semoga berhasil .........


    www.isunuklir.blogspot.com