Jumat, 21 Januari 2011

Beranda » Tips Menghindari Spam E-mail

Tips Menghindari Spam E-mail

Spam atau junk mail adalah penyalahgunaan dalam pengiriman berita elektronik untuk menampilkan berita iklan dan keperluan lainnya yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para pengguna web. Bentuk berita spam yang umum dikenal meliputi: spam pos-el, spam pesan instan, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam blog, spam berita pada telepon genggam, spam forum Internet, dan lain lain.

Spam ini biasanya datang bertubi-tubi tanpa diminta dan sering kali tidak dikehendaki oleh penerimanya. Disini ada beberapa tips untuk menghindari banyaknya spam e-mail yang masuk ke e-mail anda :
  1. Jika anda mempunyai situs dan harus mencantumkan alamat e-mail anda di situs tersebut sebaiknya anda mengganti tanda @ dengan [at]. Contoh : admin[at]finderonly.com
  2. Jika menerima email dari orang yang tidak kita kenal, lebih baik kita tidak perlu merespon atau menjawab email tersebut.
  3. Jangan pernah mengklik link situs dari email yang dikirimkan oleh seseorang yang tidak kita kenal.
  4. Jika anda ingin mendaftar di mailing list atau group yang biasanya disediakan oleh yahoo dan google, sebaiknya menggunakan alamat e-mail anda yang tidak begitu penting.
  5. Jika anda menerima spam e-mail lokal (Berbahasa Indonesia) sebaiknya anda langsung menghubungi tim penanggulangan spam nasional melalui abuse[at]apjii.or.id.
  6. Pasang software anti spam di komputer anda seperti software MailWasher (www.mailwasher.net)
  7. Aktifkan layanan antispam di layanan email yang anda gunakan.
  8. Jangan memberikan alamat e-mail pribadi anda ke sembarang orang termasuk diantara memasang alamat e-mail anda di Facebook, Friendster atau Myspace.
Semoga tips diatas dapat menghindari banyaknya spam e-mail yang masuk ke e-mail anda.

www.isunuklir.blogspot.com