Senin, 03 Januari 2011

Beranda » Pertimbangan Dalam Merencanakan dan Merancang Computer

Pertimbangan Dalam Merencanakan dan Merancang Computer

Seperti usaha yang bermanfaat lainnya, merancang dan membangun sebuah PC baru haruslah dimulai dengan perencanaan. Perencanaan  yang tepat, tidak tergesa-gesa pergi ke toko komputer adalah tindakan yang tepat. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan ketika merancang sebuah komputer homebuilt.

 

Yang paling penting diperhatikan sebelum merakit komputer adalah :
  1. Biaya. Alangkah baiknya jika kita punya uang cukup dan tidak khawatir tentang berapa banyak biaya yang harus keluar. Tetapi bagi sebagian besar dari kita, itu tidak terjadi. Jadi langkah pertama dalam perencanaan PC yang baru adalah harus menetapkan anggaran, memutuskan berapa banyak uang yang mampu  kamu keluarkan untuk keseluruhan proyek. Kemudian, kamu dapat menggunakan anggaran ini untuk membantu membuat keputusan tentang komponen komputer. 
  2. Penggunaan. Untuk pekerjaan apa kamu merakit komputer?. Jika hanya ingin menjalankan aplikasi office, surfing internet, dan tugas ringan saja, maka kamu dapat memilih komponen yang merupakan level standar saja, tidak perlu kemahalan. Di sisi lain, jika kamu adalah gamer, editing audio atau video, komposer musik, atau sumber daya komputasi tinggi, kamu akan membutuhkan anggaran lebih tinggi yang mengharuskan untuk memilih CPU, RAM, motherboard , dll sesuai kebutuhan kerja, juga hard drive terbesar sejauh  yang kamu mampu, dan mungkin sebaiknya menggunakan SATA untuk transfer data yang lebih cepat. 
  3. Jangka Pemakaian. Berapa lama kamu ingin menggunakan komputer itu? Kemajuan hardware telah membuat cutting edge-komponen setiap tahun  membuat sebuah komponen akan cepat ketinggalan. 
  4. Reputasi. Ketika kamu mulai membuat sketsa dari PC baru, periksa review, newsgroup, dan papan pesan untuk melihat apa yang orang lain katakan tentang komponen yang kamu pertimbangkan. 
  5. Sistem Operasi. Hampir semua bagian komputer yang kamu beli akan datang dengan driver untuk sebagian besar versi terbaru Windows (tetapi periksa dulu semua itu, hanya untuk memastikan). Jika kamu berencana untuk menggunakan Linux, BSD, atau sistem selain Microsoft, maka pastikan bahwa komponen  akan bekerja dengan sistem itu. Kebanyakan distribusi Linux, misalnya, memelihara daftar hardware yang akan bekerja dengan distribusi mereka. Ada juga newsgroup dikhususkan untuk masalah hardware pada sistem operasi tertentu. 
  6. Preferensi Pribadi. Sebagian besar penggemar komputer memiliki perusahaan “favorit”. Saya sangat suka kartu video nVidia dan kartu suara Creative, misalnya. Ini tidak berarti bahwa yang lain tidak baik, tapi saya kebetulan fanatik nVidia dan Creative. Produk mereka sangat tahan lama, berkinerja tinggi, dan dapat diandalkan.  Beberapa orang tidak setuju dengan pendapat saya, dan itu bukan masalah. Tapi ketika saya membangun sebuah komputer pribadi, saya cenderung memilih perangkat keras dari perusahaan yang saya suka, perusahaan yang produknya dimana saya punya pengalaman menyenangkan. 
  7. Kesesuaian. Jika kamu memutuskan untuk merancang komputer sendiri,  cari newsgroup untuk melihat apakah seseorang memiliki masalah dengan kombinasi tertentu yang telah kamu pilih. Beberapa komponen biasanya tidak cocok satu sama lain.
Semoga berguna Buat Sobat...


www.isunuklir.blogspot.com