Selasa, 04 Januari 2011

Beranda » Pengenalan Blog

Pengenalan Blog

Blog merupakan singkatan dari "web log" adalahbentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagaiposting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuatdalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebihlama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapatdiakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari sipengguna blog tersebut.

Sejarah

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yangdimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com padaakhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasiyang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan parapenulis blog tersebut.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuahcatatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai denganprogram-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara olehseorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis.Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya,yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atasisi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yangsebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atausecara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere.Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangatbesar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversialterjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm ataubadai blog.

Komunitas Blogger

Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk daripara blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asaldaerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yangtergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakankegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat.

Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya adasemacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitastersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu.

Beberapa jenis komunitas blogger adalah Komunitas BloggerDaerah, yaitu Komunitas Blogger berdasarkan kedaerahan atau wilayah tertentu,Komunitas Blogger Non-Daerah, yang biasanya terbentuk karena kesamaan hobi atauyang lainnya, dan Komunitas Blogger Kampus.

Jenis-jenis blog
  1. Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semuapersoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  2. Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikantentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasanjahat, dan perbincangan teman.
  3. Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokuspada bahasan tertentu
  4. Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blogkesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru,keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  5. Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  6. Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yangmenceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  7. Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita risetterbaru.
  8. Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum;disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  9. Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atauketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringantelevisi
  10. Blog agama: Membahas tentang agama
  11. Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  12. Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompoktertentu.
  13. Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halamanwebsite.
  14. Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untukkegiatan promosi bisnis mereka
  15. Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia;seperti anjing
  16. Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnisaffiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
Budaya populer

Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk blogging) harusdilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog.Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) ataumenambah artikel. Sekarang ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan diInternet. Dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekalisoftware, tool, dan aplikasi Internet lain yang mempermudah para blogger(sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya

Resiko kejahatan

Karena blog sering digunakan untuk menulis aktivitassehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun merefleksikanpandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik yang terjadi danuntuk berbagi informasi - blog menjadi sumber informasi bagi para hacker,pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya. Banyak berkas-berkas rahasiadan penulisan isu sensitif ditemukan dalam blog-blog. Hal ini berakibatdipecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, didenda, dan bahkanditangkap.


www.isunuklir.blogspot.com