Sabtu, 22 Januari 2011

Beranda » Panduan Teknik SEO Untuk Pemula dan Dasar

Panduan Teknik SEO Untuk Pemula dan Dasar


Panduan SEO untuk pemula supaya bisa menguasai perseoan dengan cepat dan mudah. Ungkapan para pemula yg mengatakan bahwa SEO itu rumit memang sudah umum, seperti halnya saya dulu awalnya mempelajari liku-liku yg berhubungan dengan perseoan ini, hal ini menurut pengalaman saya di sebabkan karena para pemula yang mencari referensi tutorial perseoan menemukan artikel-artikel tutorial yang kebanyakan istilah yang berbau teknik dan pemrograman tapi tidak relevan dengan yang dia cari alias buntu (Rumit tapi tak bermanfaat dan mencerahkan) ,silahkan baca posting sebelum ini SEO adalah seni dan SEO untuk janghka panjang lalu contoh teknik menerapkan keyword ,3 posting itu merupakan basic dan intinya perseoan.

Sampai di sini saya yakinkan bahwa yang namanya SEO itu sama-sekali bukan hal yang rumit-sulit , yang mungkin sulit adalah bagaimana caranya membuat content yang banyak di cari orang lalu menyajikannya secara unik-orisinil.

Belajar SEO tidak bisa di asumsikan seperti halnya belajar suatu yang bermuatan algoritma yang rumit seperti halnya belajar pemrograman bahasa C klasic atau Assembler ataupun belajar system jaringan komputer yang besar , tapi merupakan suatu teknik atau seni bermain-main dengan search engine.

Ok, langsung langkah pasti dan mudah untuk memahami-menguasai perseoan ini :

1. Tetapkan tema website/blog, lalu buatlah harmonisasi/ nyambung antara Title-Descripiton-Content

Contoh untuk di terapkan di blogspot :
Title blog : galeri global
Description: blog tentang  

2. Daftarkan ke 3 search engine besar. google, yahoo, msn.

3. Daftarkan juga sitemap-nya secara manual di 3 search engine di atas, pasang meta tagnya di bawah head.

4. Posting artikel yang berhubungan dengan keyword yang di pasang di atas.

5. Daftarkan RSS, minimal : technorati.com, feedburner.com, mybloglog.com,

6. Selesai....anda sudah melakukan proses SEO yang kuat, selebihnya tinggal bagaimana anda membuat konten yang banyak di cari orang dan menerapkan teknik-teknik keyword.


Ukuran kekuatan SEO atau besarnya jumlah traffic yang di peroleh bergantung pada:

  • Jenis content atau tema posting ,apakah suatu tema yang banyak di cari orang atau tidak (biar punya ilmu SEO expert kalau artikelnya tidak ada yang cari gimana mau dapat traffic )

  • Harmonisasi-hubungan yg nyambung antara title-description-keyword-content Contoh: sebuah tema gosip akan lebih SEO friendly jika di posting di blog yang bertema entertainment, di banding di blog yang bertema komputer ( asal dasar-dasar SEO sdh di terapkan spt langkah di atas )

  • Cara mengolah dan menerapkan keyword

  • Itu saja, yang lain-lain yang berupa istilah2 macam-macam, tak penting.

Content yang banyak di cari orang lalu di kemas dengan seni-teknik menerapkan keyword, itu saja intinya perseoaan dan di blog ini saya rasa sudah cukup lengkap sebagai dasardasar SEO untuk bisa di kembangkan ke tingkat mahir.

  • Untuk SEO Website yang berupa beberapa halaman statis, prinsipnya sama saja, hanya perlu lebih cermat dan akurat mengatur-menyusun-menerapkan setiap keyword pada seluruh wilayah halaman website

  • Untuk blog dengan domain-hosting sendiri misalnya memakai mesin WP, tentu lebih mudah lagi karena bisa memanfaatkan macam2 plugins.

Ukuran kesuksesan seorang blogger akan sangat terpengaruh dengan 2 hal:

  • Misi dan Visi utama ngeblog

  • Tema utama-content blog (SEO hanyalah alat bantu, secanggih apapun ilmu perseoan bagaimana bisa mendatangkan traffic jika content tak ada yang cari) 


www.isunuklir.blogspot.com