Jumat, 07 Januari 2011

Beranda » Menambah RAM Akan Meningkatkan Kecepatan Komputer

Menambah RAM Akan Meningkatkan Kecepatan Komputer

Apakah menambah RAM akan meningkatkan kecepatan komputer? Dalam beberapa kasus, ya, tapi tidak dalam semua kasus. Selain penambahan RAM ada beberapa komponen lain yang berpengaruh pada kecepatan komputer. Bahkan bisa jadi penambahan RAM adalah pemborosan jika komponen lain tidak mendukung.


Kecepatan komputer merupakan salah satu yang paling dicari baik pada PC desktop maupun laptop. Apakah main game, surfing Web, mengeksekusi kode, mengerjakan laporan keuangan atau memperbarui database, kecepatan komputer selalu jadi perhatian. Akankah menambahkan random access memory (RAM) meningkatkan kecepatan komputer? Jika hanya RAM menjadi penghambat dalam sebuah sistem komputer, maka menambah RAM akan meningkatkan kecepatan komputer secara dramatis. 

Tetapi jika ada masalah lain selain dari kekurangan RAM, bagaimanapun, menambahkan memori mungkin tidak membantu, tetapi faktor lain perlu diperhatikan untuk meningkatkan kinerja terbaik. Dalam beberapa kasus komputer mungkin sudah terlalu tua untuk menjalankan aplikasi baru secara efisien.

Dalam sistem Windows, kamu dapat memeriksa cara penggunaan beberapa RAM. Salah satu metode adalah untuk menekan tombol, Ctrl + Alt + Del untuk membuka Task Manager. Klik tab Performance untuk melihat grafik sumber daya RAM. Software pihak ketiga freeware manajer memori juga akan memeriksa penggunaan memori. Beberapa bahkan memonitor memori untuk membebaskan RAM ketika diperlukan, meskipun ini adalah ukuran sementara. 

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menambah memori RAM :
  1. Cek motherboard  sebelum memutuskan untuk menambah memori. Apanya yang harus diperiksa? Pastikan bahwa motherboard masih bisa ditambahkan memori. Jika motherboard tidak support dan kamu masih ingin menambah RAM, maka sia-sialah usahamu.
  2. Jika kamu seorang gamer atau bekerja dengan aplikasi video, mungkin justru kartu grafis yang lambat dan menjadi kontributor kinerja yang buruk. Kartu grafis yang baik harus memiliki RAM sendiri secara on-board dan prosesor grafis (GPU).
  3. Jika kartu grafis kamu saat ini adalah kelas tertinggi dan RAM tampaknya baik-baik saja, Central Processor Unit (CPU) mungkin perlu di-upgrade agar dapat meningkatkan kecepatan komputer.
  4. Kebanyakan perangkat lunak meminta persyaratan minimum tetapi rekomendasi ini umumnya tidak cukup untuk kinerja yang baik. Salah satu aturan praktis adalah melipatgandakan persyaratan minimum untuk kinerja yang lebih baik. Jika sistem kamu hanya dapat memenuhi kebutuhan minimal ini kemungkinan akan ada masalah.
  5. Dalam hal lambat copy paste, jangan langsung salahkan RAM tetapi mungkin saatnya kamu memperhatikan Hard Disk, terutama ukuran rpm pada Hard Disk.
Jadi jelas sekarang bahwa kita tidak asal menambah memori saja dan tidak selamanya menambah memori akan menambah kecepatan komputer

Semoga Berguna Buat Sobat....


www.isunuklir.blogspot.com