Senin, 10 Januari 2011

Beranda » Membuat Form Berlangganan FeedBurner

Membuat Form Berlangganan FeedBurner

membuat form langganan feedburner lewat e-mail

Saat ini hampir setiap blog menyediakan layanan fasilitas berlangganan posting melalui email. Ingin agar blog Anda terkenal? Gunakan layanan berlangganan artikel via email dengan Feedburner. Beberapa situs yang menyediakan jasa layanan pengantar posting gratis selain Feedburneradalah Feedblitz dan Zookoda. Saya pakai Feedburnerkarena fitur yang mereka sediakan terbilang lengkap termasuk layanan pengantar posting melalui email. Selain itu, situs ini adalah milik Google sehingga namanya sekarang adalah Google Feedburner. Untuk mendaftar ke Feedburner Anda cukup memiliki email di gmail yang bisa digunakan untuk login ke Feedburner 

Secara singkat feedburner adalah situs yang memberikan layanan dalam hal sindikasi atau feed. Anda bisa menempatkan kotak yang berisi tempat untuk mengisikan alamat email dan sebuah tombol dengan tulisan Berlangganan Gratis atau Email Subscriber di mana saja pada bagian blog. Bisa pada sidebar, pada bagian akhir setiap posting atau pada header dan footer blog, tinggal disesuaikan dengan template layout blog. Setting tampilan juga tergantung pemilik blog mau dibuat seperti apa sehingga menarik.

Fugsi form berlangganan ini adalah untuk memudahkan pembaca blog agar bisa berlangganan atau mendapatkan informasi terbaru dari posting blog kita yang dikirim melalui email mereka. Jika memang ada posting artikel terbaru, maka para pelanggan yang sudah memasukkan email dan mengkonfirmasi di emailnya secara otomatis mendapatkan kiriman email berisi artikel posting terbaru blog. Tertarik untuk menambahkan aksesoris berlangganan posting via email? Silahkan ikuti cara berikut.

Cara membuat form berlangganan Feedburner:
  • Selanjutnya Anda akan ditawarkan kotak untuk mengisikan alamat blog untuk dibakar.
  • Untuk blogger silahkan masukkan alamat feed seperti ini 
                      >> http://namablog.blogspot.com/feeds/posts/default

                      >> Ganti nama blog dengan url blog Anda.
  • Ada kotak kecil bertuliskan "I am a podcaster!" dapat dicentang jika blog Anda hanya berisi video-video. Jika tidak, jangan dicentang. Kemudian klik tombol next.
  • Setelah itu Anda akan ditawarkan untuk mengisi form Feed Title dan Feed Address silahkan diisi. Biasanya  Feedburnerlangsung menyesuaikan dengan judul blog namun Anda dapat menggantinya sesuai kalimat atau kata yang paling cocok. Selanjutnya klik tombol next.
  • Pada halaman berikutnya ada pemberitahuan seperti ini Congrats! Your Feedburnerfeed is now live. Want to dress it up a little? Oke sudah selesai dan teruskan dengan mengklik tombol next.
  • Kemudian Anda akan diberi pilihan FeedburnerStats automatically tracks. Silahkan pilih menu default atau Anda juga dapat menambah menu lain yang ditawarkan. Selanjutnya klik tombol next.
  • Pada halaman berikutnya akan nampak beberapa menu pilihan di bagian atas dan pilihPublicize.
  • Pada menu Publicize Anda akan melihat fitur layanan yang siap Anda gunakan seperti Headline Animator, BuzzBoost, Email Subscriptions, PingShot, FeedCount, Chicklet Chooser dan yang lain. Nah, untuk membuat formulir berlangganan pilih menu Email Subscriptions.
  • Pada halaman Email Subscriptions Anda klik tombol Activate.
  • Selanjutnya Feedburnerakan memberikan kode html. Yang di atas adalah html yang hasilnya berupa kotak formulir berlangganan melalui email disebut Subscription Form Code dan di bawahnya adalah html yang hasilnya berupa link berlangganan melalui email disebut Subscription Link Code. Saya tawarkan berupa kotak formulir berlangganan melalui email. Pada menu drop down, silahkan pilih use a widget in Blogger (jika blog Anda di blogger). Lalu klik tombol Go! Sebenarnya Anda bisa saja meng-copy kode html tadi ke notepad atau text editor lainnya dan cara pasang ke blogger cukup mudah. Jika ini yang menjadi pilihan, silahkan masuk ke blog Anda dan klik Tata Letakyang membawa Anda ke Elemen Halaman dan klik Tambah Gadget. Pada menu selanjutnya, pilih tambah HTML/Javascript. Nah, Anda paste kode html tadi di situ. Dan klik simpan. Ok, sekarang lihat hasilnya pada blog.
  • Jika mengikuti cara setelah klik Go! tadi, akan terbuka jendela baru pada monitor yang membawa Anda menuju blog yang tadi didaftarkan. Di sana tertulis menambah elemen halaman. Silahkan ganti judul jika perlu dan jika tidak biarkan saja judulnya Subscribe via email. Kemudian klik tombol menambah widget.
  • Widget sudah ditambahkan pada elemen halaman blog. Pilih tempat yang sesuai dengan drag widget tersebut dan tempatkan di bagian blog yang Anda rasa paling cocok.
  • Jika sudah, klik Lihat blog untuk melihat hasilnya. Akan ada form email subscriber.

Kembali ke Feedburner. Hingga saat ini, selain form email subscribersaya juga meng gunakan fitur Feed Count yang menunjukkan jumah pembaca blog, Chicklet Chooser dan Optimize serta fitur lain yang membuat blog tampil prima. Untuk fitur-fitur tersebut, Anda bisa mempelajarinya. Agak capek memang, namun saya yakin blog Anda akan semakin terkenal dengan Feedburner. Kalau saya ketik semuanya, waduh capek juga karena begitu banyaknya fitur feedburner di sana. Jika Anda sudah terbiasa dengan kode-kode html, Anda juga dapat mengutak-atik tampilan form berlangganan feedburner dan fitur lainnya. Ok, selamat berjuang.  


www.isunuklir.blogspot.com