Selasa, 04 Januari 2011

Beranda » Layar gelap pada TV MultiMax platinium series

Layar gelap pada TV MultiMax platinium series


TV ini awalnya yaitu layar gelap (tidak ada bayangan sama sekali) sedangkan semua tegangan mulai dari tegangan B+ 110v, 28v, 18v, 11v, tegangan vidio out 180v, Filemen dan G2 semua dalam keadaan normal, tapi tetap saja dalam keadaan gelap.
Langka-langka yang harus kita lakukan adalah:
Langka pertama adalah
Coba ganti C (kramik) G2, biasanya komponen ini biasa menyebabkan layar jadi gelap.
Jika uda di ganti kramik G2 masi tetap juga gelap silahkan ikuti langka berikutnya.
Langka ketiga yaitu:
Coba cek kesegaran tabung CRT-nya apakah masih segar atau udah loyo, untuk melihat cara mengukur tabung CRT dan ukuran normalnya klik disini


Ukuran Tabung CRT Yang Normal


Cara mengukur tabung CRT
Bagi para pemula yang baru mengenal dalam bidang servis TV, disini saya akan menbahas tentang cara mengetahui kesegaran pada tabung CRT.
Oke lansung saja ke inti pengukuran, untuk mengukur tabung kita pakai multitester dengan skala X1k, kabel merah kita hubungkan ke katoda sfangkan kabel hitam kita hubungkan Grid. yang lebi jelasya liat gambar dibawa:

Bila tabung dalam kondisi tabung bagus jarum multitester akan bergerak menuju angka resistansi sekitar 10k apa bila tabung mengalami kerusakan atau loyo maka nilai resistansinya akan besar atau bahkan jarum multitester tidak bergerak sama sekali.
Alat yang kita siapkan adalah:

1.Power supply atau travo yang ada output-nya 6volt.
2.Multitester atau Avometer.
Caranya adalah sebagai berikut:
Pin heater di beri tegangan 6volt AC atau DC sama saja dan kita ukur berapa resistansi antara Grid dan Katoda apakah sesuai dengan nilai yang di atas.


www.isunuklir.blogspot.com