Senin, 10 Januari 2011

Beranda » DVD LG HILANG GAMBAR

DVD LG HILANG GAMBAR


 
kerusakannya gak ada gambar,setelah aku muter-muter cari ini kerusakannya ternyata hanya melepas tr ,lihat di gambar yang aku lingkari...transistornya pakai tr tempel ,biasanya tr ini pakai 8550 ,tapi aku gak mau ribet langsung aja aku lepas tr ini langsung mak jrenggg tanpa transistor.

OPTIK TIDAK KELUAR SINAR


KALI INI SAYA AKAN BAHAS MASALAH DVD MATSUNICHI DENGAN CIPSHET SUNPLUS 8200A,KENAPA SAYA HARUS POSTING INI....KARENA DUA KALI SAYA MENJUMPAI DVD INI DENGAN KERUSAKAN YANG SAMA ,OKE LANGSUNG AJA ,KERUSAKAN NYA ADALAH OPTIK GAK KELUAR SINAR ARTINYA LED OPTIC GAK MAU HIDUP,JADI BUAT BACA CD GAK BISA ARTINYA NO DISC......OKE LANGSUNG KE TKP LIHAT GAMBAR ,NAH YANG AKU LINGKARI DI SITU ADA R DENGAN UKURAN 220 OHM KALAU KAMU2 MENJUMPAI DVD INI DENGAN KERUSAKAN LED OPTIC GAK KELUAR SINARNYA ,GANTI AJA R YANG AKU SEBUTKAN TADI OKE UDAH CUKUP SEKIAN AJA JANGAN BANYAK2 HEHEHEHEEE

Teknik Dasar Mencari Kerusakan DVD

Prosedur sederhana reparasi atau service DVD

1.Mati total

solusi:

A. perhatikan gejala mati total tersebut apakah karena disebabkan tegangan dari listrik PLN memang tidak masuk sama sekali?
* biasanya mati total ini ditandai dengan tidak adanya sama sekali indikator yang menyala
bila anda mempunyai multimeter dapat dengan mudah mengukur tegangan listrik dari kabel power ke rangkaian regulator(power supply)
* bila memang tegangan power dari PLN masuk ke dalam unit power supply ,bisa di ukur tegangan output dari power supply tersebut :DVD model terbaru hanya menggunakan 2 buah tegangan yaitu +5V dan +12V ,umumnya model lama agak sedikit rumit Karena menggunakan +12V,-12V,+5V,+3,3V.
* bila ternyata tegangan tersebut semua ada bisalah dipastikan Decoder Board nya yang rusak,atau istilah keren dikalangan montir adalah MPEG ,tetapi jangan anda langsung mengganti MPEG tersebut karena biasanya bukan rusak dari rangkaian "Hardware" ,tetapi ada kemungkinan rusak karena "Firmware" corrupt,atau hilang ,jadi jangan terburu buru ganti MPEG ,apalagi DVD model baru yang menggunakan SPI Flash ,itu lebih sering rusak" firmwarenya"solusinya tinggal isi lagi "firmwarenya" dari PC ke DVD player tersebut .

B.Tidak ada suara

*gejala tidak ada suara biasanya di karekan rangkaian Mute bekerja atau bisa juga karena Ic Pre amp (4558) rusak.
bila rusak karena rangkaian mute bekerja ,saya sering mencabut 2 buah transistor pada bagian Mute tersebut,kerusakan ini sering tsaya dapati pada DVD Vitron.


C.problem no disk pada DVD

*penyebab utama adalah optik,tetapi perhatikan dulu gejalanya ,karena juga terkadang dari motor spindel(motor tempat piringan DVD muter gitu maksudnya).
*bisa terjadi juga dikarenakan kabel flexsible rusak.

kerusakan optik biasa pada umumnya terjadi karena laser dioda sudah tidak menghasilkan output power yang sesuai ,umumnya output laserdiode DVD player adalah 7mW untuk DVD,untuk VCD danCD berkisar antara 5mW
dan juga kerusakan bisa terjadi karena sudut penembakan laser diode yang tidak presisi ,karena begitu kecil ukurannya bagi mata awam untuk membuat ukuran tersebut normal kembali yaitu mikrometer,jadi sebenarnya optik yang rusak bisa diperbaiki dengan menggunakan alat yang lengkap ,tetapi karena harga alat tersebut amat mahal ,lebih baik beli yang sudah jadi

www.isunuklir.blogspot.com