Senin, 10 Januari 2011

Beranda » DIGITEC MUSASHI LED KEDAP KEDIP

DIGITEC MUSASHI LED KEDAP KEDIP





     Wow lama banget nih aku gak posting karena lagi males nulis nulis hehehehe tapi lama lama akhirnya kok kepingin nulis lagi lagi. oke deh kali ini aku berbagi pengalaman mengenai televisi merk DIGITEC "Musashi" berukuran 14 inchi aja dengan type DM 1415 dean nomor seri SN: 11C01074. Ketika datang ke tempatku televisi langsung kucoba nyalakan untuk mengetahui kerusakannya,led indicatornya nyala merah kedap kedip terus dan pesawat gak mau nyala.Oooooo protek nih televisi. Kulanjutkan dengan membongkar casing seperti biasa untuk mencari cari part yang rusak,oooo alah ternyata tr horisontal dan ic vertikal sudah raib. Karna si pemilik tv masih duduk manis ditempatku sambil ngobrol ngobrol kutanya kemana larinya kedua part yang hilang tersebut. Eh gak tahunya udah dicopot oleh teknisi yang sebelumnya,karna sebelum ke tempatku tv ini telah diservis ke teknisi lain namun gagal service.
Ya udah langsung aja kuganti aja tr hor pake c6090 dan ic vertikalnya LA78040.kemudian kucoba nyalakan lagi tevenya eit semua tegangan malah ngedrop. Kecurugaanku tertuju pada flybacknya yang bertuliskan DST2011-S96,karena sebelum kuganti tr hor tadi diganti (rangkaian hor keadaan terputus) semua tegangan normal normal saja. Kucabut fbt tersebut lalu aku test pake fbt tester untuk memastikan kerusakan fbt tersebut. Dan memang fbt udah short. Karena hunting fbt ke toko-toko electronic pada saat itu gak menemukan fbt dengan type tersebut akhirnya kuganti aja dengan fbt lain yang susunan pinnya sama persis dengan fbt aslinnya yakni kuganti dengan type JF0501-19591 dengan susunan pin Col_B+115_Gnd_185v_Nc_H_25v_Bcl_12v_Afc.
     Selesai pemasangan fbt kucoba nyalakan lagi daaannnnnnnnnnn byar tevenya udah nyala,namun terdapat kekurangan yakni posisi vertikalnya terlal ke bawah dan posisi horisontal terlalu ke kanan,tapi alhamdulilah bisa diatasi dengan mengaturnya lewat option settingnya saja. Beres deh



www.isunuklir.blogspot.com