Sabtu, 01 Januari 2011

Beranda » Cara pasang jaringan WiFi di rumah

Cara pasang jaringan WiFi di rumah

Perangkat wifi sekarang sudah sangat menjamur. Dengan adanya perangkat wifi tersebut kita dipermudah dalam hal sharing, baik sharing data, sharing hardware  ataupun sharing koneksi internet. Jadi misal dengan satu akun internet, kita bisa menyebarkan untuk digunakan oleh orang lain yang tentunya memiliki perangkat penerima sinyal wifi. Sangat menghemat biaya yang kita keluarkan untuk dana koneksi internet pastinya. Nah, bagaimana cara membangun atau membuat jaringan wifi dirumah ? Artikel sobatpc.com kali ini akan membahas cara membangun jaringan wifi dirumah, silahkan simak terus.

Saya ingat dulu ketika Wi-Fi masih eksklusif, banyak pemilik gadget Wi-Fi yang menyerbu kafe-kafe berlogo Wi-Fi zone, untuk sekedar browsing sambil makan-makan… 

Namun sekarang jumlahnya sudah gak banyak lagi karena rata-rata mereka sudah memiliki access point pribadi di rumah. Nah, kali ini saya akan memberikan tips pasang Wi-Fi di rumah anda.

  • Pastikan anda sudah berlangganan internet
Baik dari ISP ADSL seperti telkom speedy atau paket mobile broadband seperti smart. Saran saya pakai pakai speedy paket unlimited 195 ribu/bulan. Bukan bermaksud promosi, ISP tipe ADSL semacam speedy menjamin sinyal internet tetap stabil, tak terpengaruh cuaca.

  • Jangan salah pilih modem Wi-Fi
Setahu saya ada 2 tipe modem Wi-Fi dengan harga yang beda lumayan jauh. Tipe pertama input ke modem berasal dari output ethernet modem kabel. Jadi untuk bisa Wi-Fi, anda harus menggunakan 2 modem, modem kabel untuk mengakses internet dan modem Wi-Fi untuk memancarkan sinyal internet dari modem kabel tadi.
Saya menggunakan tipe yang ini karena saya sudah punya modem bawaan dari speedy, jadi tinggal beli dan pasang modem router Wi-Finya..  Harga modem ini lumayan murah, sekitar Rp 230 ribu-an. Tipe kedua input ke modem Wi-Fi bisa langsung dari kabel telepon. Jadi anda tidak butuh lagi modem kabel karena sinyal langsung di transmit oleh modem Wi-Fi. Bentuk umumnya lebih besar dari tipe pertama, harganya lebih mahal, sekitar Rp 600 ribu-an.

  • Letakkan modem di posisi yang baik
Posisi yang baik adalah di tengah rumah, biar 1 rumah bisa tercover sinyal. Taruh di tempat yang agak tinggi dan jauh dari peralatan elektronik seperti TV, kulkas, dll karena akan mengganggu kekuatan sinyal Wi-Fi.

  • Proteksi jaringan hotspot anda
Lakukan dulu proteksi dasar seperti mengubah password admin dan mengaktifkan security key di jaringan anda. Sebaiknya pilih enkripsi key yang bertipe WPA. Settingan bisa berbeda di tiap modem jadi tidak akan saya jelaskan lebih lanjut.

  • Seputar paket internet
Jika anda menghendaki modem Wi-Fi aktif 24 jam, disarankan pilih paket internet yang unlimited biar gak kelebihan quota karena modem tetap aktif mengakses internet secara periodik, walaupun tidak digunakan.
Sepertinya itu dulu yang utama…  Dengan adanya modem Wi-Fi, maka perangkat Wi-Fi yang lain seperti ponsel atau PC tablet bisa ikut mengakses internet, tanpa perlu menggunakan jaringan operator lagi (yang menguras pulsa).

Jadi dalam kasus saya yang pakai speedy, cuma bayar 215ribu per bulan (195ribu + pajak..  ) maka sudah bisa menikmati internet di semua perangkat Wi-Fi secara free 24 jam. Lumayan bukan? Umumnya ISP sekarang sudah menyediakan bundle modem Wi-Fi dalam promonya. jadi lebih dimudahkan karena tidak usah membeli modem lagi secara terpisah.


www.isunuklir.blogspot.com